Sebanyak 90 Atlet Disabilitas Akan Berlaga di Cabor Judo Peparnas 2021

Pejudo difabel Jawa Barat Junaedi (putih) bertanding melawan pejudo Jawa Timur Agung Gondolimo dalam pertandingan Peparnas XV tahun 2016. (Dok.Republika?

Jayapura, MINA – Technical Delegate (Delegasi Teknis) Cabang olahraga (cabor) Judo, RM Dimas Aribowo menyampaikan sebanyak 90 atlet disabilitas akan berlaga dalam ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) tahun 2021.

Hal itu disampaikan saat Technical Meeting atau pertemuan teknis pada Cabor Judo dalam ajang Peparnas yang diselenggarakan di Hotel Numbai, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (6/11), demikian dikutip dari InfoPublik.id.

Pada pertemuan teknis ini, dilakukan pengundian pertandingan secara langsung yang disaksikan oleh perwakilan atlet disabilitas dari berbagai kontingen yang hadir di lokasi.

Menurut Dimas Ariwibowo, pengundian dalam setiap kelas pertandingan, baik beregu maupun perseorangan dilakukan dengan elektronik. Melalui mesin pengundian secara elektronik pengundian dapat lebih adil.

Seluruh perwakilan mengikuti undian yang dilakukan menggunakan aplikasi pengundian secara virtual. Melalui teknologi ini yang menentukan setiap laga dalam pertandingan cabor Judo.

“Kami menggunakan metode pengundian secara elektronik,” kata RM Dimas Ariwibowo kepada Media Center Kominfo Peparnas Papua di Hotel Numbai, Kota Jayapura.

Sebanyak 90 atlet disabilitas dibagi menjadi dua yaitu kelas perorangan dengan sebanyak 40 atlet dari 13 kontigen berbagai provinsi dan 50 atlet dalam kelas beregu di antaranya 35 dari kelas beregu putra. Dan sebanyak 15 atlet dari kelas beregu putri.

Secara detail, dalam kelas perseorangan, terdapat 13 kontingen yang akan mengikuti cabor ini yakni Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Jawa Timur (Jatim), DKI Jakarta, Kepulauan Riau (Kepri), Jambi, Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Timur (Katim), Riau, Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Bali, dan Papua.

Sementara itu, pertandingan kelas beregu, terdapat tujuh kontingen yang akan mengikutinya yakni Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Kepulauan Riau (Kepri), Kalimantan Selatan (Kalsel), Papua, Riau, dan Sumatera Utara (Sumut).

Dijadwalkan, pertandingan pertama pada ajang Cabor Judo akan digelar pada 8 November 2021. Pada pertandingan itu, akan langsung memperebutkan medali emas, perak, dan perunggu. Sebab, proses klasifikasi baru selesai pada Jumat 4 November 2021. Pada 7 November 2021 akan dilakukan timbang berat badan.(R/R5/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)