Sepanjang 2023, 48.000 Pemukim Ilegal Israel Serbu Masjid Al-Aqsa

Al-Quds, MINA – Sepanjang tahun 2023, lebih dari 48.000 pemukim ilegal menyerbu Kompleks di Al-Quds (Yerusalem Timur), , menurut otoritas yang mengawasi situs suci ketiga milik umat Islam itu.

Seorang pejabat Departemen Wakaf Islam di Yerusalem mengatakan, tahun lalu terhitung sebanyak 48.223 pemukim ilegal Israel menyerbu Kompleks Masjidil Aqsa.

“Pada bulan lalu sendiri saja, sebanyak 3.086 pemukim menyerbu halaman Masjid Al-Aqsa dengan pengawalan dari Polisi Israel,” kata pejabat itu, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (2/1).

Polisi pendudukan Israel mulai mengizinkan pemukim memasuki Kompleks Masjid Al-Aqsa sejak 2023, meskipun terus dikecam oleh warga Palestina.

Sementara itu, Pusat Informasi Wadi Hilweh yang berbasis di Yerusalem mengatakan dalam sebuah pernyataan, otoritas Israel menerbitkan 1.105 perintah deportasi terhadap warga Palestina selama 2023, termasuk pengusiran dari Kota Tua Yerusalem dan tempat lain.

Baca Juga:  Hardiknas 2024, Mendikbudristek Minta Semua Pihak Meneruskan Merdeka Belajar Berkelanjutan

Lembaga tersebut juga mendokumentasikan penghancuran 209 rumah warga Palestina di Yerusalem Timur yang diduduki, termasukan 68 rumah semenjak dimulainya agresi Israel di Gaza pada 7 Oktober 2023.

Tentara Israel juga dilaporkan sudah membunuh 21 warga Palestina di Yerusalem pada 2023.​​​​​​​ (T/RE1/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sajadi

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.