Setahun Kepemimpinan Trump di Mata Muslim AS (Oleh : Mustafa Umar, Imam di California)

Oleh: *

Pelantikan Tuan Donald terjadi pada Jumat (20 Januari 2017, red), hari tersuci dan tersakral bagi umat Islam dalam sepekan. Saya sangat khawatir saat itu. Kami akan memiliki presiden baru, dikenal sebagai orang yang mengancam akan menutup Masjid dan melarang tinggal di negara AS.  Saya tahu saya (sebagai imam) harus menenangkan orang-orang di sekitar saya mengenai hal ini.

Saya adalah seorang imam di Institut Islam di Kota Orange, California bagian selatan. Jemaah saya banyak juga khawatir, apakah hidup akan berubah? Apakah Trump akan menepati janji-janji politiknya (menutup pintu bagi Muslim)?

Saat saya hendak pergi ke Masjid di pagi hari, saya memberikan khotbah tiga hari setelah pemilu. Pada November, warga sempat panik. Warga terus bertanya: “Sheikh Mustafa, apakah sudah waktunya kita meninggalkan negara ini?” Seorang teman mengatakan kepada saya dengan sedih, “Saya tidak bisa tinggal di tempat lain lagi.” Saya mengatakan kepadanya bahwa seorang Muslim mempersiapkan yang terburuk tapi berharap dan berdoa untuk yang terbaik.

Islam mengajarkan kepada kita bahwa hidup adalah ujian ketaatan kepada Tuhan dan saya menasihati komunitas saya untuk melihat kemenangan tuan Trump sebagai ujian atas kesabaran kita: Tuhan ingin melihat apakah kita akan menghadapi tantangan ini, atau jatuh ke dalam keluhan dan keputusasaan. Islam dan Quran mengajarkan kepada kita bahwa ketika kita menghadapi tantangan, kita harus mencoba untuk mendapatkan keuntungan darinya. Pemilu, saya harap, bisa membawa kita untuk berusaha menjadi lebih baik sebagai individu dan untuk memperbaiki masyarakat.

Beberapa jam setelah tuan Trump dilantik, saya berdiri di depan kerumunan sekitar 2.000 Muslim dari semua lapisan masyarakat, muda dan tua, orang Amerika kelahiran asli dan imigran dari sekitar dua lusin negara.

Saya mengingatkan mereka bahwa menjadi seorang Muslim adalah tentang karakter yang baik. Kita umat Islam seharusnya tidak membiarkan kata-kata kasar masuk ke dalam kulit kita. Kita tidak boleh menghina orang-orang yang menghina kita karena agama kita – dan kita harus selalu bersikap baik.

Yang benar adalah, umat Islam di Amerika berpegang pada standar yang berbeda. Jika, misalnya, seorang suami terlihat berteriak pada istrinya di sebuah restoran, orang mungkin berpikir bahwa dia sedang mengalami hari yang buruk, atau dia hanya menyebalkan. Tapi jika orang yang sama itu tampak sebagai seorang Muslim dan istrinya mengenakan jilbab, pengunjung sesama mungkin berasumsi bahwa Quran menyuruhnya untuk bersikap seperti itu.

Itulah bagian dari beban menjadi Muslim di Amerika saat ini, terlebih lagi ketika gagasan semacam itu diajukan oleh politisi. Situasi ini mungkin tidak adil, saya akan memberi tahu masyarakat, tapi ini bisa memberi kita kesempatan untuk memperbaiki diri.

Setelah terpilih jadi Presiden, masjid kami mendapat banyak dukungan dari komunitas lain, bunga dan kado. Warga di Anaheim ingin kami paham bahwa terlepas dari pesan yang datang dari banyak pemilih dan Washington, kami disambut baik (oleh warga).

Bahkan salah satu kartu dari warga bertuliskan, “Memiliki sebuah masjid di lingkungan saya membantu membuat lingkungan saya benar-benar Amerika. Saya sangat bangga dan sangat bersyukur Anda ada di sini Tolong bersorak gembira, Anda tidak sendiri, Anda punya teman, saya adalah salah satunya. ”

Saya membaca kartu itu keras-keras pada akhir sebuah ceramah saya dan memasangnya di Instagram dan Facebook. Sikap sederhana ini memberi kami harapan.

Namun, sebagai pemimpin sebuah komunitas Muslim, saya dapat melihat bahwa kadang-kadang iklim Islamofobia yang diciptakan Trump menantang kami orang Muslim.  Akibatnya, banyak jamaah wanita saya bertanya apakah mereka harus berhenti mengenakan jilbab karena takut dilecehkan. Saya tidak menghakimi mereka untuk ini, tapi itu membuat saya sedih.

Kami Muslim sholat lima kali sehari. Artinya, kami terkadang harus mencari tempat di mall atau taman untuk melakukannya. Tapi kini saya sering mendengar teman-teman Muslim saya tidak lagi merasa aman melakukannya  terlebih setelah berulang kali dikaitkan dengan ekstremis. Saya mencoba mengingatkan mereka bahwa ada 1,8 miliar Muslim di dunia ini, dan 99,99 persennya adalah orang-orang yang baik dan damai.

Pada akhir Januari, Presiden mengeluarkan “larangan Muslim” versi pertamanya. Saya pergi ke Bandara Internasional Los Angeles untuk melakukan protes bersama dengan sebuah kelompok hak-hak sipil Muslim. Kami pikir hanya ada ratusan yang akan ikut berdemo, namun sebaliknya, bahkan ada ribuan – kebanyakan dari mereka bukan Muslim – memegang tanda-tanda yang mengatakan dukungan dalam berbagai slogan dan spanduk. Melihat dukungan semacam ini memberi saya rasa aman dan meyakinkan saya bahwa kita akan baik-baik saja di sini di selatan California.

Tahun lalu tidak selalu mudah, tentu saja. Ada laporan tentang peningkatan kejahatan terhadap umat Islam. Pada November, Presiden memposting propaganda anti-Muslim dari kelompok rasis Inggris. Bulan lalu, Mahkamah Agung memutuskan untuk memberlakukan versi baru larangan imigran (Muslim) ke AS.

Tapi pada saat-saat yang menyedihkan itu, saya ingat – dan mengingatkan orang lain di masyarakat – tentang pesan yang kami dengar dari tetangga kami, dan slogan-slogan yang mereka teriakkan di bandara, dipegang oleh orang-orang yang bahkan belum pernah kami temui bahwa,  “Muslim diterima di sini.”(A/RE1/P1)

*Mustafa Umar  adalah Direktur Pendidikan Institut Islam Kota Orange, California, Amerika Serikat.

*Artikel ini dipublikasikan di The New York Times dan The Strait Times.

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.