Singapura Akan Tindak Tegas Pendeta AS Yang Rusak Kerukunan Agama

Pendeta AS Lou Engle dalam ceramah di Singapura (CNA)

Singapura, MINA – Kementerian Dalam Negeri Singapura (MHA) menyatakan pada Senin (26/3/2018) untuk mengambil “tindakan tegas” jika ada bukti terhadap  seorang pendeta Kristen dari Amerika Serikat yang telah membuat pernyataan merusak beragama di Singapura.

Pernyataan pemerintah Singapura muncul setelah sebuah artikel yang dimuat dalam publikasi online Rice Media menggambarkan pidato yang dibuat oleh pendeta Kristen Lou Engle di Singapore Expo awal bulan ini sebagai ancaman “pemisahan Kristen-Muslim” di Singapura.

“Pemerintah sadar akan tuduhan bahwa Lou Engle telah membuat pernyataan tertentu, khususnya dalam hal Islam, pada Konferensi Invasi 2018,” kementerian mengatakan kepada Channel News Asia.

“MHA (Kementerian) sedang menyelidiki masalah ini,” tambahnya.

Artikel online ditulis oleh Benjamin Lim, pendukung Red Media, yang telah menghadiri konferensi evangelisasi massa yang diselenggarakan oleh Cornerstone Community Church setempat.

Selama pidato Engle di hadapan 2.000 orang, ia berbicara  “mendorong kembali gerakan Muslim modern yang baru”, tulis Lim.

Menanggapi pertanyaan, Kemendagri Singapura mengatakan bahwa Engle diberikan Visa Kerja Miscellaneous untuk berbicara di konferensi dan bahwa dia telah diberitahu untuk “menjaga dari subyek kontroversial dan tidak merusak harmoni sosial, ras dan agama di Singapura”.

“Jika ada bukti bahwa Engle telah membuat pernyataan yang dapat merusak kerukunan beragama di Singapura atau memiliki muatan politik, kami akan mengambil tindakan tegas,” kata kementerian itu.

“MHA tidak akan mentolerir siapa pun yang merusak harmoni sosial, ras dan agama Singapura,” tambahnya.

Sementara itu, Cornerstone Community Church mengatakan kepada Channel News Asia bahwa mereka telah mengajukan laporan polisi tentang artikel Rice Media.

“Cornerstone Community Church berkomitmen untuk memberikan bantuan dan kerja sama sepenuhnya sehubungan dengan penyelidikan yang tertunda,” katanya menanggapi pertanyaan, sembari menambahkan bahwa itu “tidak ada agenda politik”.

Video YouTube menunjukkan Mr Engle juga berbicara di konferensi Kingdom Invasion di Singapura pada tahun 2016 dan 2017.

Pada bulan September tahun lalu, dua pendeta Kristen dilarang berbicara di Singapura, dengan catatan MHA bahwa mereka telah membuat “komentar-komentar yang merendahkan agama-agama lain” dan bahwa “Pemerintah tidak akan mengijinkan para penceramah agama apapun untuk menyinggung agama-agama lain”.
Bulan lalu, dua penceramah Muslim asing juga dilarang memasuki Singapura.

Pada awal Maret tahun ini, Menteri Dalam Negeri K. Shanmugam menekankan di Parlemen, tokoh asing dari semua agama yang diketahui menyebarkan kebencian terhadap agama-agama lain, tidak akan diizinkan untuk berbicara di Singapura. (T/RS2P1/)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.