Terkait Wacana KUA Layani Semua Agama, MUI Minta Menag Kaji Ulang

Jakarta, MINA – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (), Buya Anwar Abbas meminta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk mengkaji kembali penggunaan Kantor Urusan Agama () layanan semua agama. Kantor KUA diketahui banyak menggunakan tanah wakaf.

“Saat ini KUA berada di bawah Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama, yang secara khusus mengurusi Islam. KUA itu posisinya ada di bawah Dirjen Bimas Islam. Bukan di bawah Dirjen Agama Kristen-Katolik atau Hindu-Budha,” kata Buya Anwar dalam keterangannya, Senin (26/2).

“Prakteknya selama ini KUA memang hanya untuk umat Islam, terutama untuk mengurusi masalah pernikahan,” tuturnya.

Buya Anwar menjelaskan bahwa banyak KUA yang menggunakan tanah wakaf, yang peruntukannya untuk umat Islam. Penggunaan KUA untuk agama lain dikhawatirkan akan menimbulkan masalah.

“Saya dengar banyak dari kantor-kantor KUA tanahnya banyak menggunakan tanah wakaf, yang peruntukannya tentu sudah jelas yaitu untuk masalah-masalah yang terkait dengan umat Islam. Lalu bagaimana kalau dipakai untuk hal diluar itu tentu akan menimbulkan masalah,” ujarnya.

Karena itu, Buya Anwar meminta untuk mengkaji wacana ini secara matang dan mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk peruntukan tanah wakaf, agar tidak menimbulkan kegaduhan di tengah umat dan masyarakat. (R/R4/P2)

 

Mi’raj news Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.