Travellers’ Choice Tripadvisor 2023: Dubai Kembali Raih Destinasi Wisata Terfavorit Dunia

Kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), dinobatkan sebagai destinasi global nomor 1 dalam Penghargaan Travellers' Choice Tripadvisor 2023.(Foto: WAM)

, MINA – Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), dinobatkan sebagai destinasi global nomor 1 dalam Penghargaan Travellers’ Choice Tripadvisor untuk tahun kedua berturut-turut, mengukuhkan posisinya sebagai favorit dunia.

Pengakuan tersebut mendukung tujuan Agenda Ekonomi Dubai D33 yang baru diluncurkan untuk mengkonsolidasikan status Dubai sebagai salah satu dari tiga tujuan utama dunia untuk pariwisata dan bisnis.

Kantor Berita Nasional UEA WAM melaporkan dikutip MINA, Ahad (22/1), peringkat diumumkan oleh Tripadvisor, platform panduan perjalanan terbesar di dunia, pada Penghargaan Travellers’ Choice Best of the Best Destination 2023.

Segel persetujuan global berturut-turut menggarisbawahi upaya signifikan untuk mendukung ekonomi kota yang dinamis dan ekosistem pariwisata karena berupaya menyampaikan visi Wakil Presiden, Perdana Menteri dan Penguasa Dubai, Syaikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum, untuk menjadikan Dubai kota yang paling banyak dikunjungi dan layak huni di dunia.

Pemenang Penghargaan Travellers’ Choice Tripadvisor tahunannya dipilih secara unik oleh jutaan wisatawan dari seluruh dunia, yang memberikan ulasan atau opini nyata dan tidak memihak tentang destinasi, aktivitas, dan pengalaman. Kualitas dan kuantitas ulasan dan peringkat destinasi independen dari wisatawan mencakup periode 12 bulan dari 1 November 2021 hingga 31 Oktober 2022.

Agenda Ekonomi Dubai D33

Putra Mahkota Dubai dan Ketua Dewan Eksekutif Dubai, Syaikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid Al-Maktoum, mengatakan, peringkat teratas wisatawan global mencerminkan visi kepemimpinan untuk mengubah Dubai menjadi tujuan utama dunia untuk pariwisata dan bisnis, sebagaimana diwujudkan oleh tujuan utama Agenda Ekonomi Dubai D33.

“Tujuan Agenda untuk mengkonsolidasikan status Dubai sebagai salah satu dari tiga kota teratas dunia untuk pariwisata dan bisnis menandakan tekad kepemimpinan untuk menandai Dubai sebagai pemimpin yang jelas tidak hanya sebagai tujuan rekreasi dan gaya hidup tetapi juga sebagai pusat konektivitas, perdagangan dan investasi,” ujarnya.

Syaikh Hamdan menyampaikan, berbagai daya tarik wisata dan penawaran perhotelan Dubai, dikombinasikan dengan kemunculannya sebagai tempat terkemuka untuk acara global dan magnet bagi talenta dan perusahaan akan terus memperkuat statusnya sebagai favorit di antara para pelancong global selama dekade berikutnya.

“Sektor pariwisata, perhotelan, dan acara Dubai telah berada di garis depan pemulihan dan percepatan pertumbuhan global di sektor-sektor ini selama dua tahun terakhir dan akan terus memainkan peran kunci dalam membentuk evolusi mereka di masa depan,” katanya.

Direktur Jenderal, Departemen Ekonomi dan Pariwisata (DET) Dubai, Helal Saeed Al-Marri, mencatat, dinobatkan sebagai destinasi global nomor satu selama dua tahun berturut-turut mencerminkan kerja signifikan yang dilakukan oleh banyak pemangku kepentingan kota, pemerintah swasta negara itu yang kuat model kemitraan, dan jaringan mitra global Dubai.

Semuanya selaras dengan visi panduan dari Wakil Presiden, Perdana Menteri dan Penguasa Dubai, untuk menjadikan Dubai kota masa depan dan kota dunia tujuan terbaik untuk dikunjungi, tinggal dan bekerja.

“Pariwisata adalah pilar utama pertumbuhan dan diversifikasi ekonomi Dubai, dan investasi berkelanjutan dalam penawaran produk kami, pengalaman tamu tanpa hambatan dan superlatif, serta pengembangan sektor ini dan mereka yang bekerja di dalamnya, tidak hanya akan mempercepat pertumbuhan industri tetapi juga kritis, akan memiliki dampak pengganda yang signifikan pada banyak elemen lain dari lanskap ekonomi Dubai dan daya tarik global untuk bisnis dan bakat,” ujarnya.

Penghargaan teratas Tripadvisor adalah tambahan terbaru dari serangkaian penghargaan internasional yang diberikan di Dubai, yang menunjukkan daya tarik abadi kota ini sebagai tujuan multifaset.

Tingkat Hunian Tertinggi

Dengan lebih dari 13.000 restoran dan kafe yang tersebar di seluruh kota, menawarkan beragam masakan untuk pecinta kuliner dan keluarga, Dubai terus memenangkan pengakuan internasional sebagai pusat gastronomi global termasuk peluncuran Panduan MICHELIN Dubai dan kedatangan panduan kritik restoran fine-dining terkenal Gault&Millau pada 2022.

Beberapa restoran, koki, dan pengalaman kuliner Dubai juga diakui dalam edisi perdana Penghargaan 50 Restoran Terbaik 2022 dari Timur Tengah & Afrika Utara.

CEO Dubai Corporation for Tourism & Commerce Marketing (DCTCM), Issam Kazim, berkomentar, terinspirasi oleh kepemimpinan visioner, Dubai terus mengambil langkah signifikan untuk memastikannya tetap berada di garis depan pariwisata global.

“Penghargaan ini hanya berusaha untuk memotivasi kami lebih jauh dan mendorong kami untuk bekerja lebih keras untuk tetap menjadi yang terdepan di tahun-tahun mendatang,” pungkasnya.

Sebagai salah satu kota yang paling dicari untuk perjalanan internasional, bisnis, dan acara, kebangkitan signifikan Dubai sepanjang 2022 didorong lebih jauh oleh Expo 2020 Dubai dengan acara global yang sangat sukses yang menarik lebih dari 24 juta kunjungan hingga berakhir pada 31 Maret 2022.

Selain itu, kalender tahunan Dubai untuk festival, rekreasi, olahraga, dan acara bisnis termasuk Dubai Shopping Festival, Dubai Food Festival, Gulfood, Dubai World Cup, World Government Summit, GITEX Technology Week, Dubai Desert Classic, Dubai Duty Free Tennis Championship, Pameran Perahu Internasional Dubai dan Pasar Perjalanan Arab, untuk beberapa nama, mendorong pertumbuhan yang signifikan dalam pariwisata.

Menurut data terbaru yang diterbitkan Departemen Ekonomi dan Pariwisata Dubai, Dubai menyambut 12,82 juta pengunjung internasional yang bermalam antara Januari dan November 2022, melampaui 6,02 juta turis yang menarik Dubai pada periode yang sama di tahun 2021.

Selama periode 11 bulan ini, 794 perusahaan hotel dengan lebih dari 145.098 kamar juga membuka pintunya bagi para tamu, memberikan tingkat hunian yang kuat sebesar 73 persen, yang merupakan salah satu tingkat hunian tertinggi secara internasional.(T/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.