TURKI KUTUK KERAS ISRAEL ATAS KEMATIAN PEJABAT PALESTINA

Turki Kecam Israel Atas Meninggal Pejabat Palestina (Foto : AA)
kutuk keras atas meninggalnya seorang . (Foto : AA)

Ankara, 17 Shafar 1435/11 Desember 2014 (MINA) – Turki mengutuk keras Israel terkait kematian seorang pejabat senior Palestina kemarin.

Ziad Abu Ein mati lemas setelah menghirup gas air mata yang ditembakkan tentara Israel guna membubarkan di Turmus Ayya, utara , Rabu kemarin.

Abu Ein adalah seorang pejabat tinggi Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) yang portofolionya setara dengan seorang menteri. Dia juga bertanggung jawab atas urusan permukiman ilegal Israel pada organisasi PLO, demikian Anadolu Agency melaporkan sebagaimana dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dalam pernyataan resmi, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Turki mengatakan, negara itu mengutuk keras Israel atas insiden kematian Abu Ein yang terjadi karena penganiayaan tentara Israel.

“Kami berharap adanya penyelidikan obyektif dan meluas. Dan kami ingin mereka yang bertanggung jawab untuk segera dibawa ke pengadilan,” kata pernyataan Kemenlu Turki.

Kemenlu Turki juga menyatakan, insiden menyedihkan itu adalah hasil dari invasi Israel di wilayah Palestina.

“Warga Palestina sudah tidak memiliki negara, tidak memiliki lahan di tanah air mereka sendiri selama bertahun-tahun karena perlakuan buruk tentara Zionis Israel dan ini tidak dapat diterima,” tegas pernyataan itu.

Puluhan demonstran lainnya menderita luka-luka dalam insiden tersebut, termasuk menderita sesak napas sementara setelah menghirup gas air mata berlebihan yang ditembakkan oleh pasukan militer Israel.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengutuk serangan militer Israel sebagai tindakan barbar dan menyatakan tiga hari berkabung atas insiden tersebut. (T/P002/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0