UE Janjikan USD 1,16 Miliar untuk Perlindungan Hutan

Glasgow, MINA – (UE) akan menyumbangkan €1 miliar (mata uang Euro) yang setara dengan USD 1,16 miliar, untuk melindungi hutan melalui “Ikrar Hutan Global” sebagai -hasil dari KTT Perubahan Iklim COP26 yang juga dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

“Saya senang mengumumkan bahwa Komisi (Eropa) akan memberikan €1 miliar untuk Ikrar Hutan Global,” Ursula von der Leyen, Kepala Badan Eksekutif UE, mengatakan pada hari kedua yang diadakan di Glasgow, Skotlandia, Selasa (2/11), Anadolu Agency melaporkan.

Ia menekankan, seperempat dari jumlah tersebut akan secara khusus didedikasikan untuk Lembah Kongo, Afrika Tengah, yang merupakan hutan tropis terbesar kedua di dunia.

Von der Leyen juga mengakui pentingnya bagi uni tersebut untuk memainkan perannya di dalam negeri.

Ia menjelaskan, konsumen UE tidak mau lagi membeli produk yang berdampak pada dan degradasi hutan.

Komisi Eropa akan segera mengusulkan rancangan undang-undang yang hanya mengizinkan komoditas dan produk dengan pembuatannya tidak mengarah pada deforestasi.

Ia menegaskan, Uni Eropa menandatangani deklarasi tersebut untuk menghentikan dan mengembalikan hilangnya hutan dan degradasi lahan pada tahun 2030.

“Eropa senang menjadi bagian dari gerakan ambisius ini untuk melindungi iklim kita, untuk melindungi warisan kita, dan untuk melindungi hutan kita,” kata von der Leyen. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.