UEA Luncurkan Satelit Ruang Angkasa Pertama

Dubai, MINA – Uni Emirat Arab (UEA) pada Senin (29/10) meluncurkan KhalifaSat satelit ruang angkasa pertama buatan dalam negeri.

Arab News melaporkan, satelit sepenuhnya dirancang dan dikembangkan oleh UEA dan berhasil diluncurkan ke ruang angkasa dari sebuah pulau di selatan daratan Jepang, menandai tonggak meteorik untuk program ruang angkasa di dunia Arab.

Dunia menyaksikan KhalifaSat adalah satelit tercanggih yang dibangun oleh UEA, yang diuji dan diproduksi sepenuhnya oleh insinyur Emirat dan dimuat ke roket Mitsubishi Heavy Industries H-2A.

Satelit langsung diluncurkan langsung pada Senin pukul 8.08 pagi dari Tanegashima Space Center di Jepang.

Peluncuran ini adalah salah satu rakit program luar angkasa yang akan dipimpin oleh UEA dan negara-negara di kawasan Teluk yang lebih luas di tahun-tahun mendatang.

Baca Juga:  Operasi AL Yaman Targetkan Kapal Perusak AS

Dr Ahmed Murad, dekan perguruan tinggi sains di Uni Emirat Arab University, mengatakan bahwa peluncuran KhalifaSat adalah langkah monumental untuk program ruang angkasa ambisius dunia Arab.

Murad juga menambahkan, peluncuran itu akan memacu percepatan lebih lanjut dari ekonomi negara dan menginspirasi inovasi di seluruh negara Teluk (GCC).

“Peluncuran ini adalah pencapaian yang sangat signifikan bagi negara ini sebagai salah satu pilar strategis utama dalam Strategi Inovasi Nasional UAE,” katanya.

Program juga mengacu pada tujuan untuk menjadikan UEA sebagai salah satu negara paling inovatif di dunia pada tahun 2021.

Peluncuran ini juga akan menjadikan UAE sebagai pusat ilmu ruang angkasa, lanjutnya. (T/RS2/R01)

Baca Juga:  Beasiswa Universitas Al Azhar Mesir Dibuka, Ini Syaratnya

Mi’raj News Agency (MINA)