Ukhuwah Al-Fatah Rescue Siapkan 100 Relawan ke Aceh

Bogor, 10 Rabiul Awwal 1438/10 Desember 2016 (MINA) – Tim Ukhuwah (UAR) menyiapkan 100 untuk diki membantu penanganan pasca .

Ketua UAR H. Abdul Malik mengatakan pada pembukaan Kaderisasi Ukhuwah Tingkat Basic Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Jabodetabek di Ciampea, Bogor, Jawa Barat, Sabtu malam (10/12).

“Kita sudah kirim 8 relawan ke Aceh untuk tugas awal pendataan lapangan, evakuasi, penyaluran bantuan dan renovasi, berkoordinasi dengan Pemda setempat,” ujarnya.

Menurutnya, tahap selanjutnya tim sedang menyiapkan 100 relawan untuk diberangkatkan, termasuk tenaga medis, tukang dan dai.

Sementara itu, Ketua Ukhuwah Jabodetabek Wawan Amirudin dalam sambutannya mengatakan, tujuan pelatihan selama tiga hari itu secara teknis menyiapkan relawan yang siap ke lapangan, seperti ke Aceh, dan secara umum menumbuhkan jiwa ukhuwah Islamiyyah demi terjalinnya persatuan dan kesatuan umat Islam.

Pelatihan itu diikuti 40 peserta pemuda dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cikampek, Serpong hingga Merak.

Materi meliputi Aqidah dan Ukhuwah (Sakuri,SH), Tugas Ukhuwah di Lokasi Bencana (Ir. Edi Wahyudi, relawan RS Indonesia di Gaza, Palestina), Karakter Pejuang Al Jamaah (Aliyuddin Nuzlan Nasution, Ponpes Al-Fatah Bogor), Citizen Journalism untuk Perjuangan dan Dakwah (Ali Farkhan Tsani, Redaktur Seniior MINA), dan outbond Jungle Rescue/praktik evakuasi di hutan/gunung (Tim SAR).

Ukhuwah Al-Fatah Rescue (UAR) dalam binaan Jamaah Muslimin (Hizbullah) telah beberapa kali mngirimkan relawannya saat musibah tsunami Aceh, gempa Sumatera Barat, Pangandaran, Jogjakarta, banjir Jakarta dan Garut.

Termasuk mengirimkan sekitar 30 relawan untuk membangun Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza, bekerja sama dengan Lembaga Kemanusiaan MER-C (Medical Emergency Rescue Commitee). (P4/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.