UMJ Raih Akreditasi Unggul BAN-PT

Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). (Foto: Humas UMJ)

, MINA – Universitas Muhammadiyah Jakarta () berhasil meraih Akreditasi Unggul BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor: 163/SK/BAN-PT/Ak/PT/III/2024 pada 5 Maret 2024.

Keterangan pers Humas UMJ, Kamis (7/3), menyebutkan, akreditasi unggul yang berhasil diraih UMJ merupakan hasil kerjasama dari seluruh civitas akademika yang telah berkontribusi untuk raihan akreditasi tersebut serta merupakan bukti kualitas kinerja yang dihasilkan oleh segenap civitas akademika UMJ.

​Proses akreditasi itu melibatkan seluruh standar penilaian yang terdiri dari pendidikan, standar sarana dan prasarana pendidikan, sistem tata kelola akademik, kualitas SDM hingga pencapaian pengajaran dan catur dharma.​

BAN-PT itu sendiri merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan memperkenalkan serta menyebarluaskan “Paradigma baru dalam pengelolaan Pendidikan Tinggi”, selain meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi.

Baca Juga:  Dukung Mahasiswa AS, UI Gelar Perkemahan Solidaritas Palestina

Dalam kaitan ini Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si menyatakan bersyukur atas capaian akreditasi unggul yang sudah cukup lama ditunggu oleh keluarga besar UMJ, dan capaian tersebut merupakan kebahagian bagi UMJ karena dengan begitu UMJ termasuk ke dalam perguruan tinggi milik Muhamamdiyah ke 10 yang memperoleh akreditasi unggul.

Menurut Guru Besar bidang Politik itu, akreditasi unggul merupakan capaian tertinggi dalam konteks pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia. Capaian tersebut akan menjadi spirit untuk lebih maju lagi dalam pengelolaan perguruan tinggi guna mempertahankan keunggulan universitas.

Khusus untuk tahun yang akan datang prosesnya akan bersifat kuantitatif dan tidak lagi ada proses asesmen di lapangan karena berdasarkan data, jumlah guru besar, lektor kepala, jurnal, dan lainnya semua serba kuantitatif, dan UMJ harus mempertahankan keunggulannya itu.

Baca Juga:  Keberhasilan Kurikulum Merdeka Jika Pembelajaran Menyenangkan

Rektor UMJ menyebutkan adanya beberapa tantangan ke depan terkait masih banyaknya Program Studi (Prodi) yang belum unggul dan akan terus didorong untuk meraih predikat unggul. Ia juga mengingatkan, UMJ setelah memperoleh akreditasi unggul akan menjadi perhatian bagi calon mahasiswa serta bagi para orangtua calon mahasiswa karena akreditasi menjadi pertimbangan untuk memilih kampus.

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) itu sendiri didirikan pada 18 November 1955 dan menjadi Perguruan Tinggi Muhammadiyah -‘Aisyiah (PTMA) tertua di antara 171 PTMA di seluruh Indonesia. Hingga saat ini UMJ telah memiliki sepuluh Fakultas dan satu Sekolah Pascasarjana serta 51 Program Studi, dan kini UMJ memiliki 22 Guru Besar.(R/RS1/R1)

Baca Juga:  Dijegal Irak, Timnas Indonesia U-23 Masih Berpeluang Ikut Olimpiade di Paris

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.