Undang Pimpinan Misi Haji, Raja Salman Sampaikan Pesan Persatuan

Mina, 12 Dzulhijjah 1437/14 September 2016 (MINA) – Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz, selaku pelayan dua tanah suci penyelenggara haji mengundang para pimpinan misi haji, termasuk Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin selaku Amirul Haj jamaah haji Indonesia di Istana Kerajaan di Mina, Selasa (13/9).

menyampaikan rasa syukurnya atas penyelenggaraan haji tahun ini yang berlangsung aman dan tertib, serta memberikan pesan pentingnya untuk persatuan umat untuk menolak radikalisme dan ekstrimisme.

Menurutnya, Pemerintah Saudi telah mencurahkan segala daya dan upaya untuk terciptanya keamanan dan kenyamanan pelaksanaan ibadah haji sehingga dapat berlangsung dengan baik, laporan Kemenag RI yang diterima Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj Islamic News Agency).

“Pemerintah Saudi juga menolak keras upaya yang menjadikan ibadah haji sebagai isu politik atau persoalan mazhab. Ibadah haji diperuntukan kepada semua umat Islam tanpa ada diskriminasi atas dasar apa pun,” tegas Raja Salman.

Ia juga menekankan negara-negara Muslim untuk menolak radikalisme dan ekstrimisme, karena menurutnya, kedua hal itu merupakan faham yang tercela, baik secara syariat maupun logika.

Jika telah merasuk dalam diri umat Islam, lanjutnya, maka paham itu akan menghancurkan kemuliaan dan masa depan umat Islam di mata dunia internasional.

“Tidak ada jalan lain untuk keluar dari kubangan persoalan ini, kecuali dengan kembali kepada spirit ajaran Islam dan memperkuat persatuan dan kesatuan Umat Islam,” seruan Raja Salman.

Raja Salman mengaku prihatin dengan konflik, perpecahan, dan peperangan yang terjadi di negara-negara Islam. Padahal Islam adalah agama perdamaian dan keadilan yang menjunjung tinggi persaudaraan, kasih sayang, dan kebajikan. Untuk itu, Raja Saudi menyeru pimpinan umat Islam untuk merapatkan barisan demi terciptanya persatuan, serta mencari solusi bersama atas konflik berkepanjangan di antara umat Islam.

“Pemerintah Saudi sangat menaruh perhatian dengan segala upayanya untuk terciptanya kedamaian dan kebaikan bagi negar-negara Islam dan dunai secara keseluruhan,” tandasnya.

Di akhir sambutannya, atas nama Kerajaan Saudi, Raja Salman menyampaikan penghargaan kepada semua tamu Allah, diiringi doa agar seluruh peziarah mendapat haji mabrur dan dapat kembali ke negara masing-masing dengan selamat. (P4/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.