UNICEF Danai Lukisan Dinding Sorot Krisis Air di Gaza

City, 4 Dzulqa’dah 1437/ 7 Agustus 2016 (MINA) – Sebuah organisasi di bawah naungan PBB atau United Nations Children’s Fund (UNICEF) telah mendanai lima yang berpartisipasi dalam lukisan dinding dengan tinggi 25 meter, untuk menyoroti yang meningkat di wilayah Gaza, Palestina.

“Kami berusaha untuk menemukan solusi masalah air di Jalur Gaza,” kata Monther Shublaq, direktur Kota Pesisir Gaza Air Utility (CMWU), dalam upacara yang diadakan pada Kamis (4/8).

Lukisan dinding telah diresmikan di diblokade Jalur Gaza pekan ini dalam upaya untuk menjelaskan krisis air yang meningkat di wilayah tersebut.

Sejak tahun 2007, Jalur Gaza telah mengerang di bawah blokade Israel yang telah merampas sekitar 1,9 juta penduduk daerah dan bahan pokok, termasuk makanan, bahan bakar dan obat-obatan.

Infrastruktur air di wilayah itu sangat rendah di bawah pengepungan Israel selama satu dekade setelah tiga serangan utama sejak tahun 2008 lalu.

“Sumber air Palestina yang dikuasai oleh Israel. Ini adalah alasan utama dari masalah air di Jalur Gaza,” katanya.

Shublaq memaparkan Israel juga melarang masuknya peralatan yang dibutuhkan untuk melaksanakan proyek air di Jalur Gaza.(T/M013/P2)

Mi’raj Islamic News Agency

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.