Update Kepulangan, 42.605 Jamaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Air

Jakarta, MINA – Koordinator Media Center Haji (MCH) PPIH Pusat Dodo Murtado mengatakan, jumlah yang telah tiba di Tanah Air hingga Senin (10/7) pukul 24.00 WIB berjumlah 42.605 orang, tergabung dalam 111 kelompok terbang.

Sedangkan untuk hari ini, Selasa (11/7), jamaah gelombang I yang diberangkatkan ke Tanah Air dari Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah berjumlah 7.299 orang atau 19 kloter.

“Sementara jamaah yang wafat hingga Senin (10/7) pukul 24.00 WIB sebanyak 536 orang,” terang Dodo Murtado dalam keterangan persnya di Jakarta.

“Hari ini, sebanyak 6.692 jamaah haji gelombang II yang tergabung dalam 17 kloter diberangkatkan ke Madinah menggunakan bus untuk menjalankan Arbain,” tambahnya.

Selama di Madinah, Dodo mengatakan, jamaah dapat melakukan aktivitas ziarah ke sejumlah tempat yang bernilai sejarah. Layanan ziaran diberikan dan dilaksanakan sepenuhnya oleh pihak Majmuah.

“Tujuan ziarah di Kota Madinah di antaranya Masjid Kuba, Masjid Qiblatain, Jabal Uhud, Khandak dan kebun kurma. Ziarah diniatkan untuk dan dalam kerangka mendekatkan (Taqarrub), beribadah dan menghayati perjuangan Rasulullah dalam dakwah Islam,” ujar dia.

PPIH, kata Dodo, terus mengingatkan jamaah selama di Madinah untuk mematuhi larangan merokok di kawasan Masjid Nabawi dan wilayah markaziyah yang jadi kawasan pemondokan jamaah. Pelanggaran atas larangan merokok di kawasan pemondokan dan Masjid Nabawi, menurutnya akan dikenakan denda 200 SAR oleh otoritas berwenang setempat.

“Jamaah agar tidak sungkan meminta bantuan petugas yang siaga 24 jam di pemondokan dan Masjid Nabawi bila menemui kesulitan selama di Madinah,” tukasnya. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.