UST. AGUS SUDARMADJI : DAKWAH MELALUI TULISAN TIDAK TERHALANG WAKTU

Agus-Sudarmaji
Agus-Sudarmaji
, Ketua Aqsa Working Group (AWG) saat diwawancarai oleh wartawan MINA (Foto:Chamid/MINA)

Bogor, 3 Jumadil Akhir 1436/23 Maret 2015 (MINA) – Sekretaris Jama’ah Muslimin , Agus Sudarmaji mengatakan, kegiatan dakwah dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti dengan lisan, dan akhlak.

Dakwah yang berkaitan dengan media massa .membantu agar pesan sampai kepada publik. “Kelebihan berdakwah melalui tulisan, bisa dilakukan di mana saja dan tidak terhalang ruang dan waktu. Penceramah dan pembaca ceramah tidak perlu berpakaian rapi karena tidak saling bertemu”.

Tidak perlu mengumpulkan orang atau tempat khusus. Serta tidak perlu disajikan hidangan seperti di pengajian umumnya. Kata ustadz Agus Sudarmaji kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), di Pondok Pesantren Al-Fatah, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Ahad (22/3).

Baca Juga:  Kontingen MTQ Kota Bogor Dapat Anggaran Kadeudeuh

Menurutnya, dakwah melalui tulisan merupakan salah satu yang paling mudah dilakukan. Dengan dakwah tulisan penceramah bisa menulis dakwahnya di mana saja.

Pembacanya pun tak perlu repot. Bisa dibaca di mana saja dan bisa diulang kembali membacanya apabila ada pesan penting atau ada yang kurang dimengerti.

“Dakwah lewat tulisan juga menjadi solusi ketika seseorang tidak bisa mengikuti pengajian,” tambahnya.

Namun dakwah melalui tulisan ini juga memiliki kelemahan, tuturnya,  karena hanya bisa dinikmati oleh orang yang bisa membaca. Seorang buta aksara tidak bisa menikmati paparan seorang penceramah  lewat koran dan majalah, ujarnya.

Selain itu, dia mengatakan, dakwah melalui tulisan juga hanya minati oleh orang yang biasanya sudah mengenyam pendidikan yang cukup tinggi.

Baca Juga:  Mau Pergi Haji, Ini Perlengkapan yang Harus Dibawa

Media banyak ditempatkan sebagai alat untuk mencapai aneka macam tujuan orang-orang yang menggunakannya, khususnya dalam hal ini adalah tujuan dakwah menyampaikan informasi tentang ajaran Islam.

Media ini terbukti mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap cara pandang orang terhadap dunia sekitarnya.

“Umat Islam seharusnya bisa menempatkan media massa untuk  kepentingan dakwah dari nilai-nilai Islam sehingga terbentuklah apa yang disebut media berdakwah. Media di sini berfungsi untuk kepentingan dakwah Islam. Isi yang baik akan mengajak kepada kebaikan tanpa harus ada pertentangan menjurus kepada perpecahan. Dakwah adalah sarana saling mengingatkan, sarana pendidikan bagi semua orang,” kata Ustadz Agus.

Ia menambahkan, pendekatan pada generasi muda dalam dakwah,  berbeda dengan yang disampaikan kepada orang tua. “Perbedaan metode dakwah inilah membuat dakwah itu sendiri menjadi begitu dinamis,” katanya. (L/P002/P2)

Baca Juga:  Banjir Longsor Kabupaten Luwu Landa 13 Kecamatan, Tujuh Wafat

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0