Wapres Pimpin Rapat Penanganan Bencana Tsunami Selat Sunda

Jakarta, MINA – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang baru tiba dari Makassar Sulawesi Selatan langsung memimpin rapat internal penanggulangan bencana di VVIP Room Landasan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Ahad (23/12).

Hadir dalam rapat tersebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga.

“Proses evakuasi dan tsunami Selat Sunda memungkinkan untuk dilakukan lewat jalur darat karena kondisi infrastruktur yang tidak mengalami kerusakan,” jelas Wapres dalam konferensi pers, demikian Antara News Lampung mengabarkan.

Apabila nanti ditemukan ada infrastruktur rusak akibat tsunami Selat Sunda, Wapres JK telah memerintahkan Menteri PUPR untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

“Kalau dari sisi peralatan, Kementerian PUPR sudah siap memperbaiki kalau ada jalan rusak, jembatan rusak. Dari Kementerian Sosial (Kemensos) kalau (soal) makanan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pasti juga sudah di sana,” tambah Wapres.

Selain itu, Pemerintah juga telah mengerahkan tim dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, BNPB dan juga Palang Merah Indonesia (PMI) untuk membantu warga sekitar yang terdampak bencana tsunami.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto usai melakukan pantauan udara mengatakan sepanjang kawasan dari Anyer menuju ke Pantai Carita tidak ditemukan kerusakan jalan akibat bencana.

“Menurut pemantauan dari pesawat udara, sepanjang jalan dari Anyer menuju ke selatan – Pantai Carita, Labuan sampai dengan Tanjung Lesung – infrastruktur jalan semuanya bagus,” jelasnya.

Sementara itu, Wapres batal melakukan tinjauan ke lokasi terdampak bencana karena cuaca buruk sehingga helikopter tidak dapat melakukan pendaratan di lokasi. (R/Sj/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Zaenal Muttaqin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.