Warga Kurdi Iran Ekspresikan Solidaritas Referendum Kurdistan

Warga Kurdi Irak merayakan usainya pelaksanaan referendum Kurdistan Irak. (Foto: dok. Daily Echo)

 

Sina, Iran, MINA – Warga Kurdi di Iran turun ke jalan-jalan mengekspresikan dukungan mereka atas keberhasilan terselenggaranya referendum kemerdekaan Daerah Kurdistan di Irak.

Warga Kurdi turun pada Senin malam dengan mengangkat ponsel-ponsel mereka yang menyala. Mereka menyanyikan lagu kebangsaan Kurdistan ‘Ey Reqib’ dan tampil dengan tarian Kurdi ‘shaiy’.

Sejumlah besar orang Kurdi di Sina, Mahabad, Saqiz dan Mariwan merayakan referendum kemerdekaan Daerah Kurdistan.

Pada Senin, 25 September 2017, rakyat Daerah Kurdistan di Irak melakukan pemungutan suara referendum kemerdekaan.

Partai Demokrat Kurdistan Iran (PDKI) pada Twitter-nya menulis “puluhan ribu” orang turun ke jalan-jalan untuk menunjukkan solidaritas kepada saudara-saudara Kurdi mereka di Irak.

PDKI juga menyatakan bahwa Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) telah mengerahkan tank dan ribuan pasukan untuk mencegah perayaan kemerdekaan itu.

Warga melaporkan kepada media Rudaw yang dikutip MINA, puluhan orang yang merayakan ditangkap oleh keamanan Iran.

Pasukan pemerintah Iran secara teratur melakukan tembakan ke area perbatasan di Wilayah Kurdistan, daerah tiga kelompok bersenjata Kurdi menentang kehadiran militer Iran. Mereka adalah PDKI (HDKA), Partai Demokratik Kurdistan Iran (PDK, HDK), dan partai Komala. Komala adalah partai politik kiri Kurdistan Iran. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf