WPF ke-7 akan Bahas Tiga Tema Utama tentang “The Middle Path”

Jakarta, MINA – Utusan Khusus Presiden untuk Dialog Kerjasama Antar Agama dan Peradaban Prof , para tokoh pada acara World Peace Forum () ke-7 yang akan berlangsung pada 14-16 Agustus 2018 di Jakarta, akan bicara dalam leadership forum untuk mengelaborasi  the for the new civilization.

“Adapun tiga tema utama mengenai the middle path (jalan tengah) yakni yg pertama, mengenai wawasan jalan tengah dari tokoh-tokoh agama, dari tokoh Islam membawakan Islam wasathiyah, juga tentu tokoh Hindu, Budha dan lain-lain membicarakan jalan tengah dari perpsektif agama masing masing,” ujar Din dalam acara konferensi pers di Jakarta, Kamis (26/7).

“Kedua, membahas jalan tengah dari perspekif idelogi negara negara, Pancasila sebagai the middle path, juga dari negara lain dengan ideologi nasionalnya bisa dilihat sebagai manifestasi jalan tengah,” jelasnya.

Din menambahkan, ketiga yaitu membahas the middle path dari perspektif ekonomi, politik dan budaya. “Inilah tawaran Indonesia pada sistem dunia baru yang bertumpu pada the middle path, menanggulangi krisis peradaban dunia, kekacauan peradaban”, kata Din Syamsuddin.

Centre for Dialogue and Cooperation among Civilisations (CDCC) telah enam kali menyenggarakan WPF sejak tahun 2006. Dengan semangat One Humanity,One Destiny,One Responsibility, para pemimpin agama, pembuat kebijakan, intelektual, politisi, dan aktivis dari berbagai latar belakang dan kebangsaan yang terlibat dalam dialog produktif berkomitmen untuk menciptakan dunia yang lebih aman dan lebih damai bagi seluruh umat manusia.

WPF ke-7 ini didukung oleh Kantor Utusan Khusus Presiden untuk Dialog Kerjasama Antar Agama dan Peradaban (UKP-DKAAP), Centre for Dialogue and Cooperation among Civilisations (CDCC), bersama organissi sosial pendidikan Malaysia, Cheng Ho Multi Culture Trust of Malaysia.

WPF ke-7 akan dibuka oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo dan ditutup oleh Wakil Presiden Bapak Jusuf Kalla, dihadiri oleh sekitar seratus tokoh dunia baik cendekiawan, tokoh agama, tokoh politk, pembuat kebijakan dari berbagai negara untuk membicarakan tema ini.

Secara khusus pada WPF 7 ini mengundang  kepala negara atau mantan kepala negara dan penerima nobel perdamaian. Perdana Menteri Malaysia, Dr Mahathir Muhammad, mantan PM Australia Kevin Ruds, juga mantan PM Selandia Baru. Total peserta dari dalam dan luar negeri sekitar 250 peserta.(L/R04/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.