Yayasan Amaliah Astra Selenggarakan Lomba Tahfidz Nasional

Jakarta, MINA – Sebagai apresiasi bagi remaja penghafal Al-Qur’an, Yayasan Amaliah Astra (YAA) menyelenggarakan Acara secara Online di Masjid Astra, Jakarta, Sabtu (24/9).

Ketua Bidang Sosial Religi YAA, Boy Kelana Seobroto mengatakan, untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perguruan Tinggi, sebelumnya pada Februari telah diselenggarakan lomba tahfidz nasional online untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Antusiasme remaja untuk pendaftar lomba tahfidz Al-Qur’an tingkat SMA dan Perguruan Tinggi sangat tinggi. Tercatat sebanyak 1.500 penghafal Al-Qur’an dari 25 provinsi dan 13 berasal dari luar negeri mendaftar melalui Amaliah.id, sebanyak 1.306 peserta yang lolos verifikasi berkas,” kata Boy dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Ahad (25/9).

Peserta lomba tahfidz Al-Qur’an diseleksi kembali oleh juri di babak penyisihan Maqra’ melalui video yang diunggah saat mendaftar, sehingga terpilihlah 209 penghafal Al-Qur’an.

Selanjutnya, peserta diuji langsung oleh Dewan Juri dari Islami Centre Wadi Mubarok dipimpin ustaz Miftahul Arifin, untuk menentukan penghafal Al-Qur’an terbaik.

Pengalamannya sebagai juri internasional perwakilan Indonesia pada event The Quran and Athan International Awards di Saudi Arabia tahun 2021 dan 2022 diharapkan menambah kualitas lomba.

“Kami berharap, semangat anak-anak penghafal Qur’an yang tidak menurun terus menambah hafalan, memberi inspirasi kita semua untuk terus produktif dan mengisi hari-hari dengan aktifitas positif,” ujarnya.

“Semoga kegiatan ini bukan ajang lomba semata, namun menjadi sarana kita untuk bersilaturahmi dan saling belajar agar ibadah kita lebih baik lagi” jelas Boy.

Setelah melewati babak penyisihan dan final, nama-nama peraih juara Lomba Tahfidz Nasional tingkat SMA dan Perguruan Tinggi sebagai berikut:

– Juara satu (1) diraih oleh Unaisah Sabrina dari Pesantren Tahfidz Al-Qur’an dan Bahasa Arab Bina Mandiri Putri Magelang, Jawa Tengah

– Juara dua (2) diraih oleh Qonita Azka Nadiya dari Al Wildan Islamic School 1, Banten

– Juara tiga (3) diraih oleh Al Baari’’q Iltizam dari Mahad Imam Asy Syathibi, Jawa Barat

– Juara harapan satu (1) diraih oleh Zulfa Azzahra dari Mahad Aisyah Binti Abu Bakar, Jawa Barat

– Juara harapan dua (2) diraih oleh Abubakar dari Pesantren Islam Al Irsyad, Jawa Tengah

– Juara harapan tiga (3) diraih oleh Salma Bintu ‘Ali dari Homeschooling, Riau

Penyelenggaraan lomba tahfidz nasional tingkat SMA dan Perguruan Tinggi sejalan dengan tujuan Yayasan Amaliah Astra, yakni menggiatkan usaha dalam bidang sosial keagamaan untuk mewujudkan Islam sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin. (R/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)