84.889 Jamaah Indonesia Sudah Diberangkatkan ke Tanah Suci

Jakarta, MINA – Operasional keberangkatan jamaah haji Indonesia tahun 1443H/2022M telah memasuki hari ke-28. Tercatat sudah 84.889 jamaah yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci.

“Sampai hari ini, total jamaah haji yang telah diberangkatkan ke tanah suci sebanyak 84.889 orang,” kata Plh Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Wawan Djunaedi, saat Konprensi Pers di kantor Media Center Haji, di asrama Haji Podok Gede, Jakarta, Jum’at (1/7)

“Sementara, jamaah haji khusus yang telah tiba di tanah suci sampai hari ini sebanyak 3.407 orang,” sambungnya.

Wawan menyampaikan, jamaah haji Indonesia gelombang II yang diberangkatkan hari ini tergabung dalam sembilan kelompok terbang dari enam embarkasi dengan total sebanyak 3.378 orang.

Sementara jamaah sakit sebanyak 117 orang, 103 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan 14 orang dirawat di RSAS.

Sedangkan jamaah wafat di Arab Saudi hari ini bertambah dua orang, sehingga sampai jumlah jamaah wafat sebanyak 18 orang.

“Kami tetap menghimbau kepada Jemaah haji Indonesia untuk membatasi aktivitas di luar ruangan, jangan menunggu haus untuk minum, tidak memaksakan untuk selalu shalat di Masjidil Haram, tetap selalu memakai masker ketika berkumpul di ruangan terutama ketika Masjidil haram,” pungkas Wawan. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)