Gubernur Al-Quds Apresiasi Pembukaan Kantor OKI di Palestina

Ramallah, 21 Syawwal 1437/26 Juli 2016 (MINA) – Gubernur juga selaku Menteri Palestina urusan Al-Quds Adnan Al-Husseini menyampaikan apresiasi pada upaya Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama () Iyad Madani membuka Kantor Perwakilan OKI di Palestina.

Pembukaan kantor tersebut dalam pelaksanaan resolusi 42/40, yang diadopsi pada Pertemuan Dewan Menteri Luar Negeri OKI ke-42 di Kuwait pada 27-28 Mei 2015 lalu.

Al-Husseini menyatakan bahwa pembukaan Kantor adalah titik balik besar bagi apa yang dilakukan OKI pada masa mendatang sehubungan dengan permasalahan Palestina secara umum, dan Al-Quds pada khususnya.

Dia membuat pernyataan selama kunjungannya ke Kantor Perwakilan OKI berbasis di Ramallah Palestina pada Sabtu (23/7), di mana ia bertemu dengan Ahmad Ruwaidhi, Direktur Kantor perwakilan OKI di Palestina.

Al-Husseini mengatakan bahwa ia memandang ke depan peran OKI meningkat di Al-Quds dan dapat menindaklanjuti berbagai isu, terutama yang berhubungan dengan kota suci itu.

Dia menambahkan, betapa pentingnya bertindak di tingkat internasional melalui OKI dalam melindungi tempat-tempat suci dan memberikan perlindungan mendesak bagi penduduk Palestina di Al-Quds karena mereka menghadapi pelanggaran serius.

Dalam kesempatan itu, bersama staf dari Kantor Perwakilan OKI membahas kemungkinan penguatan peran lembaga OKI dengan maksud untuk koordinasi dan bekerja dengan kementerian dan gubernuran serta memastikan bahwa penduduk dan lembaga Al-Quds merasakan perubahan praktis dalam peran OKI, terutama setelah pembukaan kantor perwakilan di Palestina.

Sementara itu, Ruwaidhi menjelaskan kepada Gubernur Al-Quds pada fungsi dari Kantor Perwakilan OKI di bidang politik, media, dan pengembangan, di samping hubungan dengan lembaga-lembaga resmi Palestina, lembaga masyarakat sipil dan sektor swasta.

Ruwaidhi mengatakan bahwa Kantor akan bekerja dengan semua lembaga Palestina untuk mempromosikan peran negara-negara Islam dalam mendukung proyek nasional Palestina serta struktur ekonomi dan sosial.

Dia menambahkan bahwa kerja Kantor akan fokus pada Kota Al-Quds dan melindungi institusi, warga dan tempat-tempat suci.

Kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan pertemuan berkala untuk menindaklanjuti pelanggaran Israel di Al-Quds dan dalam pelaksanaan resolusi OKI terkait dengan pengembangan kota. Kementerian Palestina urusan Al-Quds akan memberikan OKI, melalui Kantor Ramallah, semua laporan serta proyek-proyek mendesak dan perlu dilakukan. (T/R05/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.