Arab Saudi Izinkan Warga Qatar Menunaikan Ibadah Haji

Jamaah Haji (foto: dok/Arabnews)

Riyadh, MINA – Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah membuat halaman web baru untuk warga Muslim Qatar yang ingin melakukan ibadah haji tahun ini.

Menurut laporan Arabnews, Kamis (18/7) calon dapat mendaftarkan diri, memilih paket dan membayar biaya haji mereka di halaman web https://qh1440.haj.gov.sa.

Kementerian Saudi menyerukan kepada Qatar untuk tidak memblokir kembali halaman web seperti yang terjadi sebelumnya dan bekerja sama untuk membantu warganya melakukan ibadah haji dengan mudah.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi juga menuduh pemerintah Qatar menghalangi upaya warganya untuk menunaikan ibadah haji.

Menurut kementerian tersebut, pertemuan baru-baru ini dengan delegasi Qatar untuk membahas logistik jamaah haji, delegasi tersebut malah pergi tanpa menandatangani perjanjian apa pun untuk memungkinkan akses bagi warganya.

Arab Saudi adalah salah satu dari beberapa negara Arab yang meluncurkan boikot Qatar pada tahun 2017 atas dukungan negara itu untuk kelompok-kelompok ekstremis.

Embargo mencakup pembatasan transportasi antara Qatar dan Arab Saudi, tetapi Kerajaan telah mengambil langkah-langkah untuk memastikan para jamaah haji dari Qatar dapat melakukan ibadah Haji dan Umrah secara bebas. (T/Sj/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.