Kampanye Nasional Menentang Aneksasi, 120 Lebih Jurnalis Kunjungi Lembah Yordan

Al-Aghwar, MINA – Persatuan Palestina atas undangan Aliansi Perdamaian Palestina mengadakan kampanye nasional menentang Israel dengan mengundang 120 orang lebih jurnalis berbagai media di Tepi Barat untuk mengadakan kunjungan ke , Sabtu (13/6).

Diharapkan laporan kunjungan ini bergema ke seluruh dunia, demikian Wafa yang dikuti MINA.

Pada kunjungan itu, para jurnalis melihat langsung beberapa desa dan wilayah yang ditargetkan Israel untuk dianeksasi di Lembah Jordan utara, termasuk melihat langsung desa-desa Al-Jiftlik, Faroush Beit Dajan, Bardala, Kardala, Ain Al-Bayda, Khirbet Al-Deir, dan Sahel Al-Baqia di Lembah Palestina.

Wakil Gubernur Tubas dan Lembah Yordan utara, Ahmed Al-Assaad mengatakan, kunjungan lapangan bagi para jurnalis ke daerah-daerah Lembah Jordan adalah langkah positif, karena itu berarti melihat langsung kondisi Lembah Yordan dan apa yang sedang terjadi di dalamnya.

“Hal itu penting karena kebutuhan untuk menginformasikan kepada masyarakat dunia tentang pelanggaran yang sedang terjadi di wilayah tersebut,” katanya.

Dia menekankan bahwa Lembah Yordan adalah bagian integral dari negara Palestina kami, dengan Al-Quds Al-Sharif (Yerusalem) sebagai ibukotanya.

Ia menegaskan pula bahwa keputusan kepemimpinan Palestina jelas dan ini mendukung ketabahan penduduk.

Sementara Ketua Persatuan Jurnalis Palestina, Nasser Abu Bakr, mengatakan, lebih dari 120 jurnalis dan jurnalis Palestina dari berbagai gubernur negara itu ikut bergabung pada kunjungan itu, dengan tujuan melihat lansung kenyataan sulit yang dialami oleh penduduk Lembah Jordan, dan menyampaikan pesan yang sebenarnya kepada seluruh dunia.

Abu Bakar meminta lembaga media lokal, Arab dan internasional untuk datang ke Lembah Jordan, yang diancam dianeksasi Israel, untuk meliput peristiwa sehari-hari dan pelanggaran yang dilakukan oleh otoritas pendudukan Israel terhadap warga yang tinggal di dalamnya.

Sementara itu  Direktur Eksekutif Aliansi Perdamaian Palestina, Nidal Faqqa,  berharap semua wartawan meninjau kondisi semua penduduk Palestina di Lembah Jordan utara, kemudian menyampaikan gambaran nyata tentang apa yang sedang terjadi di wilayah tersebut.”

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari kampanye media nasional menentang rencana Israel untuk mencaplok Lembah Jordan, yang meliputi pengumuman Hadiah Lembah Yordan untuk Jurnalisme, dan permintaan semua media nasional untuk mengalokasikan area yang luas dan program khusus di Lembah Jordan. Pertemuan berkala di Lembah Jordan, untuk mendukungnya dan warganya.

Abu Bakar menyerukan untuk membuat kolom atas nama Lembah Yordania dan dalam semua bahasa, berkomunikasi dengan Uni Jurnalis Arab dan Internasional, mendesak media untuk fokus pada pelanggaran yang terjadi di Lembah Palestina, dan meminta radio dan televisi untuk membuat hari radio terbuka di daerah Lembah Jordan. (T/B04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.