AS-Taliban Bicarakan Bantuan Gempa dan Cadangan Devisa Afghanistan di Doha

Taliban mencari akses mendapatkan cadangan devisa Afghanistan yang dibekukan oleh AS. [Getty]

Doha, MINA – Pembicaraan antara Amerika Serikat dan berlanjut di Doha awal pekan ini untuk membahas bantuan gempa, Departemen Luar Negeri mengatakan pada Jumat (1/7), beberapa bulan setelah kedua pihak terakhir bertemu di ibu kota Qatar pada Maret.

Taliban sedang mencari cara untuk membuka beberapa cadangan devisa negara itu, yang saat ini dibekukan oleh Amerika Serikat, setelah gempa bumi yang menghancurkan bulan lalu.

AS sedang meminta jaminan bahwa uang itu akan digunakan untuk membantu penduduk Afghanistan, The New Arab melaporkan.

Dalam pertemuan Rabu dan Kamis (30/6), AS menegaskan kembali janji sebelumnya sebesar $55 juta dalam bantuan baru untuk bantuan gempa, Departemen Luar Negeri mengatakan dalam sebuah pernyataan Jumat.

“Kedua belah pihak membahas secara rinci tindakan AS untuk melestarikan $3,5 miliar dalam cadangan bank sentral Afghanistan untuk kepentingan rakyat Afghanistan,” kata pernyataan itu.

Gempa bumi berkekuatan 5,9 skala Richter pekan lalu di Afghanistan timur, yang menewaskan lebih dari 1.000 orang dan menyebabkan puluhan ribu kehilangan tempat tinggal, menambah urgensi pada perdebatan pendanaan.

“Amerika Serikat menyatakan belasungkawa atas hilangnya nyawa dan penderitaan di Afghanistan yang disebabkan oleh gempa bumi baru-baru ini,” kata Departemen Luar Negeri AS tentang pertemuan itu, yang dipimpin oleh Perwakilan Khusus AS untuk Afghanistan Thomas West.

Amerika Serikat mengkhawatirkan campur tangan Taliban dalam pengiriman bantuan kemanusiaan dan “kekhawatiran mengenai transparansi dalam pemberian layanan,” kata pernyataan itu tentang bantuan tersebut.

Menurut Departemen Luar Negeri, perwakilan AS juga mendorong otoritas Taliban tentang hak-hak perempuan, sebuah masalah yang menyebabkan Washington membatalkan pembicaraan di Doha pada bulan Maret.

“Amerika Serikat mendukung tuntutan rakyat Afghanistan agar anak perempuan diizinkan kembali ke sekolah dan perempuan diizinkan bekerja, berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara, dan bergerak serta mengekspresikan diri mereka secara bebas,” kata pernyataan itu. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.