ASEAN Secara Prinsipal Sepakati Keanggotaan Timor Leste

Ilustrasi (foto: Sosok)

Phnom Penh, MINA – Para pemimpin negara-negara ASEAN telah menyepakati secara prinsipal keanggotan bagi dalam blok regional itu.

“Kami para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) pada prinsipnya sepakat untuk mengakui Timor-Leste sebagai anggota ke-11 ASEAN,” tegas Kamboja (Ketua ASEAN 2022) di KTT ASEAN yang dilangsungkan di Phnom Penh, Jumat (11/11).

Keputusan para pemimpin ASEAN terkait aplikasi keanggotaan Timor Leste sebagaimana dimuat dalam ASEAN Leaders’ Statement on the Application of Timor Leste to ASEAN.

Selain itu, mereka juga telah memperbolehkan negara itu berpartisipasi pada berbagai pertemuan ASEAN.

Timor Leste telah mengajukan keanggotaan ASEAN sejak 2011. Saat ini status Timor Leste adalah sebagai pengamat.

Prosedur formal masih perlu dilalui oleh Timor Leste sebelum benar-benar sah menjadi . Penilaian akan didasarkan oleh misi pencari fakta dan peta jalan penugasan yang diformulasikan ASEAN.

Piagam ASEAN menetapkan bahwa syarat masuk ASEAN setidaknya ada empat. Pertama, lokasi geografis suatu negara berada di Asia Tenggara. Kedua, mendapat pengakuan oleh negara lain.

Ketiga, negara pelamar menyetujui untuk terikat dan mematuhi ketentuan Piagam ASEAN. Keempat, negara pelamar memiliki kemampuan dan kemauan untuk melaksanakan kewajiban keanggotaan. (T/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.