Aktivis Irlandia Lanjutkan Perjalanan 2.200 Mil Menuju Palestina

Mick Bowman tiba di Durres, Albania, pada 20 Juli 2023 dan setengah perjalanannya dari Irlandia ke Palestina [Foto: Mike Bowman]

Durres, MINA – Seorang berusia enam puluh lima tahun, yang berangkat ke dari Calais untuk meningkatkan kesadaran tentang penderitaan para pengungsi dan pelanggaran hak asasi manusia di Wilayah Pendudukan, mencapai kota pelabuhan Durres di Albania pada hari Sabtu (22/7).

Mick Bowman melintasi Prancis, Swiss, dan Italia untuk mencapai Albania pekan lalu dan akan terus berjalan melalui Yunani, Turkiye, dan Yordania untuk mencapai Tepi Barat Pendudukan di Palestina. MEMO melaporkan.

Dia memulai perjalanan sejauh 2.200 mil dari Calais pada 16 April bulan lalu.

“Sekarang setengah perjalanan saya ke Palestina. Saya juga memiliki kesempatan di tiga negara yang saya lewati, untuk berbicara banyak tentang ketidakadilan besar yang dihadapi oleh orang-orang Palestina. Saya berbicara dengan sesama peziarah ketika saya sedang berjalan di sepanjang Via Francigena, dan juga di acara-acara,” kata Bowman.

“Di Bologna di Italia Utara beberapa pekan lalu, ada kemarahan atas situasi yang memburuk bagi warga Palestina karena meningkatnya kekerasan oleh pasukan keamanan Israel dan gerombolan bersenjata pemukim illegal,” ujarnya.

Ia juga menyoroti invasi Israel ke Jenin di Tepi Barat Pendudukan yang berlanjut selama kurang lebih 48 jam pada 3-4 Juli, mengakibatkan pembunuhan 12 warga Palestina termasuk 4 anak-anak, melukai 120 orang dan penghancuran hampir 80 persen rumah dan infrastruktur Kamp Pengungsi Jenin.

Dia menambahkan, “Seperti pendukung Palestina lainnya, kejahatan perang Israel di Jenin membuat saya marah. Itu membuat saya lebih bertekad untuk menggunakan jalan kaki saya untuk meningkatkan kesadaran. Ini membantu saya tetap termotivasi selama gelombang panas yang terkadang membuat berjalan menjadi sangat menantang.”

Sekarang tiga bulan perjalanan, tujuannya adalah untuk menarik perhatian tentang pendudukan Palestina dan menginspirasi lebih banyak orang untuk mengkampanyekan perubahan.

“Sudah ada minat yang sangat menggembirakan dari media Albania dan saya berharap untuk membangun ini selama beberapa pekan mendatang untuk meningkatkan perjuangan Palestina dengan sebanyak mungkin orang. Saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk membantu menyebarkan gagasan keadilan untuk Palestina,” katanya.

Terinspirasi oleh buku Walking to Jerusalem: Blisters, hope and other facts on ground, oleh Justin Butcher, perjalanannya mengikuti Via Francigena (“jalan melalui Prancis”), rute budaya dan perdagangan tertua di Eropa, serta rute ziarah Kristen kuno. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.