Al-Fatah Jambi Beri Penghargaan12 Santri Penghafal Terbaik dan Tercepat

Sarolangun, Jambi, MINA – Pondok Pesantren memberikan penghargaan kepada 12 santri untuk kategori penghafal terbaik dan tercepat.

Pemberian tersebut dilaksanakan dalam acara Simaan Akbar yang diselenggarakan pada Ahad, (19/12) dihadiri ratusan orang tua santri dan tamu undangan.

“Pemberian reward ini ditinjau dari berbagai aspek, namun yang menjadi fokus kami adalah mereka yang memiliki keunggulan dalam ibadah dan prestasi,” kata Mudir Al-Fatah Jambi, .

Dia menjelaskan, mereka yang terpilih tersebut untuk jenjang Tsanawiyah dan Aliyah dari 250 santri dan 12 kelas.

Makmun yang juga menjadi dosen di Samarinda tersebut mengatakan, dari jumlah keseluruhan, ada satu santri yang mendapat juara umum dengan durasi waktu yang singkat.

“Ya, ada satu santri terbaik dan mampu lebih cepat dari 12 santri tadi, dengan waktu 4 bulan dia mampu menghafal 5 juz, yang artinya dalam satu bulan dia mampu menghafal 1 juz lebih, namanya Fawwaz Afkar asal Samarinda,” ungkapnya.

Makmun menambahkan, Simaan Akbar perdana tersebut kedepannya akan menjadi agenda rutinitas. Hal itu bertujuan untuk menjadi bahan evaluasi dan rujukan dalam mengambil langkah strategis.

Ponpes Al-Fatah Jambi dalam beberapa bulan terakhir menerapkan beberapa program baru dengan pola setoran dua kali yaitu pagi dan sore. Target pencapaian minimal 6 baris untuk pagi hari dan 4 baris di waktu sore hari.

Hal itu terbukti dalam waktu kurang dari satu bulan, para santri mampu menghafal Al-Quran lebih dari satu juz. (L/jmb/cha/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.