Al-Qaeda Gelar Kontes Buku Jihad Berhadiah Senapan Kalashnikov

Selebaran kontes buku jihad Al-Qaeda Semenanjung Arab (AQAP). (Foto: TNA)

Taiz, 14 Sya’ban 1438/11 Mei 2017 (MINA) – Al-Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) di Yaman meluncurkan sebuah kontes membaca buku jihad kelompok itu di kota Taiz yang terkepung, pemenang akan mendapat hadiah senapan Kalashnikov.

Anggota komite promosi Al-Qaeda membagikan selebaran di jalan-jalan kota pada pekan ini untuk mengiklankan kompetisi tersebut, lapor koresponden The New Arab Yemen yang dikutip MINA.

“Ketentuan kontes: Anda harus membaca dan mendengarkan materi buku dan audio kami dengan saksama lalu merangkumnya dalam 30 halaman,” bunyi selebaran itu untuk kontes tersebut. “Peninjauan Anda tidak boleh menyerupai karya kontestan lainnya. Jika plagiarisme ditemukan, kedua kontestan akan didiskualifikasi.”

Selebaran tersebut menjelaskan bahwa karya pengirim pemenang pertama akan menerima sebuah senapan otomatis buatan Cina yang baru, posisi kedua dengan sebuah sepeda motor, dan pemenang ketiga akan mendapatkan hadiah pistol. Ada pula hadiah sebuah laptop, telepon genggam dan hadiah uang tunai untuk para pemenang lainnya.

Kelompok tersebut menamai kontes tersebut “This is Our Message“, yang menunjukkan bahwa buku yang akan diteliti akan menjadi manifesto yang mempromosikan Al-Qaeda.

Para peserta kontes diberi batas waktu untuk ulasan buku pada tanggal 15 bulan Ramadhan.

Militan Al-Qaeda dilaporkan telah berperang selama berbulan-bulan di Taiz, bahu-membahu dengan pasukan pro-pemerintah melawan pemberontak Houthi.

AQAP telah memamfaatkan kekosongan kekuasaan yang diciptakan oleh perang antara pemerintah dan pemberontak Houthi yang menguasai ibukota negara dan sejumlah kota besar di sepanjang pantai Laut Merah. (T/RI-1/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)