Arab Saudi Donasikan AS $ 25 Juta  Kepada UNRWA

Foto: MEMO

Amman, MINA – Kerajaan Arab Saudi donasikan sebesar AS $ 25 juta kepada , melalui kedutaan besarnya di Yordania.

Mengutip dari Wafa, Selasa (6/10), kontribusi tersebut, merupakan bagian dari janji yang lebih besar oleh Kerajaan, untuk membantu mempertahankan layanan penting bagi 5,6 juta pengungsi Palestina di kawasan tersebut.

Komisaris Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini pada Senin mengatakan: “Pada kunjungan pertama saya ke Teluk dan kunjungan resmi pertama di luar wilayah operasi UNRWA, saya berada di Riyadh untuk mengucapkan terima kasih kepada Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud, Pangeran Mohammed Bin Salman, Wakil Perdana Menteri, dan Menteri Pertahanan atas ketepatan waktu dan kemurahan hati mereka dalam mendukung pengungsi Palestina”.

“Pada saat terjadi gejolak politik regional, pandemi, serta krisis ekonomi dan keuangan, pengungsi Palestina akan tahu bahwa hak dan kesejahteraan mereka tidak dipertanyakan dan Arab Saudi mendukung mereka,” tambahnya.

Di Riyadh, Lazzarini menegaskan kembali, sentralitas layanan UNRWA bagi kehidupan pengungsi Palestina dan menyerukan dukungan politik serta keuangan Saudi yang berkelanjutan.

Ia juga membahas bagaimana akses kelayanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan memberikan rasa tenang bagi pengungsi Palestina meskipun ada gejolak di sekitar mereka.

“Rasa tenang seperti itu adalah kunci bagi perasaan nyaman di kawasan yang sangat bergejolak,” tambahnya.

Arab Saudi telah menjadi pendukung setia pengungsi Palestina dan telah menjadi salah satu penyumbang utama selama bertahun-tahun.

Khusus pada 2018, Saudi telah menyumbang sebesar AS $ 50 juta kepada UNRWA, untuk membantu mengisi kekurangan dana badan itu akibat  keputusan Pemerintah Amerika Serikat menghentikan bantuan.

Selama bertahun-tahun, dukungan kuat Saudi juga disalurkan  melalui peningkatan pendanaan untuk bantuan pangan, infrastruktur, dan proyek-proyek terkait kesehatan, oleh KS Relief dan Saudi Fund for Development yang berjumlah lebih dari AS $ 800 juta. Seperti, rekonstruksi dan perbaikan sekitar 250 rumah terdampak bagi pengungsi Palestina di Jalur Gaza. (T/Hju/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hamidah Juariyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.