AWG: Komitmen Indonesia Perjuangkan Palestina Merdeka Tidak Boleh Bergeser

Palembang, MINA – Komitmen Indonesia dalam memperjuangkan yang tertuang dalam konstitusi UUD 1945 harus tetap teguh tidak bergeser.

Demikian Ketua Presidium Lembaga Kepalestinaan Aqsa Working Group (AWG), SF pada 1444 H Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Palembang di Masjid Al-Hijrah, komplek Ponpes Al-Fatah, Borang Sako, Palembang, Ahad, (21/8).

Menurut Anshorullah, bangsa Indonesia mempunyai sejarah yang kuat dan hebat dengan bangsa .

“Syeikh Husein memberikan pengakuan kemerdekaan terhadap bangsa Indonesia. Disambut dengan sikap Indonesia dengan Bung Karno yang semangat anti penjajahan. Dalam Konferensi Asia Afrika Bung Karno menolak kedatangan Israel,” katanya.

Selain itu, pada tahun 1958 Piala Dunia Yugoslavia, kesempatan emas selangkah lagi timnas sepakbola Indonesia masuk putaran final, namun mengundurkan diri karena berhadapan dengan Israel.

Baca Juga:  RS Indonesia di Gaza Utara kembali Beroperasi

“Bung Karno bersikap daripada harus melegitimasi dan mengakui keberadaan Israel, Bung Karno lebih memilih tidak bertanding dan melanjutkan upaya masuk kejuaraan piala dunia,” ujarnya.

Karenanya Anshorullah mengimbau kepada khususnya pemuda Islam untuk terus menyebarkan semangat anti penjajahan.

“Hari ini satu-satunya negeri yang belum merdeka adalah Palestina dimana Al-Aqsha ada di dalamnya,” katanya.

Pada Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Indonesia pada 2023 mendatang, Israel akan mengirimkan timnya. Karenanya AWG sebagai lembaga yang konsen terhadap pembelaan untuk Palestina yang di dalamnya ada kiblat pertama umat Islam ini, menolak kehadiran timnas Israel.

“AWG akan menempuh upaya konstitusional menolak keikutsertaan Israel pada PD U-20 di Indonesia pada 2023 mendatang,” tegasnya.

Baca Juga:  Sadiq Khan Menang Telak Pertahankan Jabatan Wali Kota London

AWG juga mendorong pemerintah berani menentang keikutsertaan Israel tersebut.

Hadir pada Tabligh Akbar tersebut sebagai pembicara utama, Pembina Utama Jaringan Ponpes Al-Fatah Indonesia, KH. Yakhsyallah Mansur, MA. bersama Pembina LBIPI Bogor KH. Abul Hidayat Saerodjie, Dosen UIN Raden Fatah, Sofyan, MHI. (L/B03/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.