Banjir dan Longsor di Tanggamus Lampung, Satu Warga Hilang

Banjir dan tanah longsor di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Sabtu (25/5/24). (Foto. BNPB)

Jakarta, MINA  – Satu warga hilang akibat banjir dan tanah longsor di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Sabtu (25/5). Kejadian ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada pukul 20.00 WIB.

Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangannya, Ahad, mengatakan, dilaporkan sebanyak empat warga hanyut terbawa arus banjir, tiga diantaranya berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat dan satu warga masih dalam pencarian.

Berdasarkan laporan yang di terima BNPB,  sebanyak delapan Kecamatan terdampak, adapun lokasinya terletak di Kecamatan Talang Padang, Kecamatan Kota Agung Timur, Kecamatan Ulu Belu, Kecamatan Bandar Negeri Samuong, Kecamatan Air Naningan, Kecamatan Kota Agung Barat, Kecamatan Wonosobo dan Kecamatan Semaka.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Laksanakan Shalat Idul Adha di Semarang

“Adapun kerugian materil dan non materil yang tercatat, sebanyak 385 KK serta 385 unit rumah terdampak. Dilaporkan juga, sebanyak 1.098 ha lahan persawahan dan perkebunan terdampak, satu jembatan putus dan tujuh titik longsoran menutup akses jalan,” ucap Abdul Muhari.

Kondisi terkini dilaporkan banjir yang terjadi sudah berangsur surut, BPBD Kabupaten Tanggamus bersma TNI, POLRI, dan semua unsur terkait sudah berkoordinasi dan sudah melakukan assessmen data kerugian serta turun kelapangan untuk melakukan penanganan dan evakuasi warga terdampak.

BNPB mengimbau kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Tanggamus agar selalu waspada terhadap banjir dan tanah longsor susulan yang bisa saja terjadi. []

 

Baca Juga:  MUI Kecam Serangan Israel Saat Shalat Idul Adha di Masjid Al-Aqsa

Mi’raj News Agency (MINA)