BAZNAS – UNRWA Tandatangani Kerja Sama Bantu Rakyat Palestina

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat Nasional () menandatangani perjanjian kerjasama dengan Badan PBB untuk pengungsi () dalam upaya memberikan dan perlindungan terhadap rakyat Palestina yang menjadi korban konflik di negaranya.

Penandatanganan perjanjian kerja sama itu dilakukan oleh Wakil Ketua BAZNAS Zainulbahar Noor dan Perwakilan dari UNRWA, serta disaksikan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi dan Menteri Luar Negeri Palestina, Riyad Al-Maliki di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Jakarta, Selasa (16/10). 

Zainulbahar Noor mengatakan, kerja sama ini berfokus pada permasalahan pengungsi Palestina yang rentan dan  bergantung kepada bantuan UNRWA untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka. 

“BAZNAS berkomitmen untuk membantu rakyat Palestina, seperti para pengungsi yang saat ini berada dalam perlindungan UNRWA. Jumlah pengungsi yang terdaftar sekitar lima juta jiwa tersebar di daerah Jordan, Libanon, Suriah, Tepi Barat, dan Jalur Gaza,” katanya.

Ia menambahkan, dalam hal ini BAZNAS akan melakukan penggalangan dana bantuan untuk rakyat Palestina di Indonesia, selama dua tahun kerjasama, dan dari dana yang terhimpun setiap enam bulan dan akan diserahkan kepada UNRWA untuk mendukung program-programnya, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

“Bentuk dukungan dari BAZNAS terdiri dalam bentuk promosi kampanye di Indonesia dan memberikan kontribusi kepada UNRWA setiap enam bulan untuk mendukung program kerja,” kata Zainulbahar Noor yang juga pernah menjabat sebagai Dubes RI untuk Yordania dan Palestina ini.

BAZNAS terus mendukung kehidupan rakyat Palestina yang berjuang dalam keterbatasan. Berbagai program telah disalurkan melalui kerjasama dengan lembaga-lembaga lokal dan internasional, mulai dari kebutuhan pokok berupa makanan dan minuman hingga bantuan pembangunan gedung sekolah dan perawatan medis.(L/R04/P1) 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.