Belanda Perpanjang Kontribusi Pada Misi PBB di Mali Hingga 2017

Netherland, 7 Muharram 1438/8 Oktober 2016 (MINA) – Belanda pada Jumat (7/10), mengumumkan memperluas kontribusinya terhadap misi penjaga perdamaian PBB di untuk satu tahun lagi, tapi akan menarik  helikopter dan awaknya.

“Kami telah memutuskan untuk melanjutkan misi Mali, tapi dengan kapasitas berkurang,” kata Perdana Menteri Belanda Mark Rutte kepada wartawan pada konferensi pers mingguannya di Netherland. Demikian Nahar Net memberitakan yang dikutip MINA.

Belanda telah memberikan kontribusi untuk misi stabilisasi PBB di negara Afrika Barat itu sejak April 2014.

Dilaporkan, Belanda telah mengerahkan sampai 400 tentara serta empat helikopter Apache dan tiga Chinooks.

Awal tahun ini dua penjaga perdamaian PBB Belanda tewas dan satu terluka dalam ledakan tatkala latihan di kamp mereka di laut Mali.

Rutte dan pejabat lain mengatakan, sebanyak 290 tentara Belanda akan tetap tinggal di Mali setelah helikopter ditarik pada awal 2017.

Menurut Rutte, misi Belanda tetap penting untuk memberikan kontribusi bagi perdamaian.

Misi PBB MINUSMA ditempatkan di Mali sejak Juli 2013 sebagai bagian dari upaya internasional melawan kelompok bersenjata yang menyerbu wilayah utara negara itu.

Lebih dari 11.000 polisi dan militer PBB saat ini bertugas di sana, mencoba untuk menjamin keamanan dalam wilayah kantong bangsa Sahel yang luas tanpa hukum.

Meskipun etnis Sahel sebagian besar digulingkan oleh operasi militer pimpinan Perancis pada Januari 2013, tapi kelompok-kelompok bersenjata masih menjadi ancaman.

Daerah utara Mali terus dilanda kekerasan setelah jatuh di bawah kendali pemberontak yang dipimpin Tuareg dan kelompok yang terkait dengan Al-Qaeda pada 2012. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.