BKPM: Investasi Asing Industri Minyak Makan Kelapa Sawit di 2015 Turun 607 Juta Dolar AS

Foto: BKPM
Foto:

Jakarta, 21 Rabi’ul Akhir 1437/31 Januari 2016 (MINA) – Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk yang masuk dari sektor industri minyak makan kelapa sawit dan minyak goreng kelapa sawit tercatat mengalami penurunan dari tahun 2014 sebesar US$ 607 juta dengan jumlah proyek 123 proyek menjadi US$ 307 juta dengan jumlah proyek 305 proyek.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky mengatakan, Badan Koordinasi Penanaman Modal sedang mengkaji perlunya mendorong peran investasi asing di sektor hilirisasi kelapa sawit.

“Minat investasi yang tinggi dalam sektor hilirisasi salah satu komoditas utama Indonesia tersebut, menjadi salah satu alasan dalam upaya untuk meningkatkan investasi asing yang masuk,” kata Franky alam keterangan resmi kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad (31/1).

Franky Sibarani menilai bahwa sektor hilirisasi kelapa sawit merupakan industri yang diharapkan dapat dimasuki oleh asing.

“Hilirisasi penting dalam mendorong proses untuk meningkatkan value added dari komoditi kelapa sawit. Artinya dengan berkembangnya sektor hilirnya, diharapkan proses pengolahannya dapat dilakukan di tanah air,” kata Franky.

Franky menyampaikan bahwa selama ini pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong hilirisasi sektor kelapa sawit ini sehingga pengembangan produk turunannya dapat semakin meningkat.

“Salah satu hal yang diusulkan untuk dihilangkan adalah rekomendasi teknis dari kementerian terkait,” katanya.

Lebih lanjut Franky menyampaikan bahwa saat ini regulasi di sektor ini membuka asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia hingga 95%.

“Ada beberapa pihak yang menginginkan ini menjadi tertutup, namun hingga kini peran asing dalam di sektor hilirisasi ini penting untuk mendorong pertumbuhan di sektor terkait,” lanjut Frankny. (L/P10/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.