BPBD: Karhutla di Provinsi Jambi, Ratusan Hektar Terbakar

Ilustrasi karhutla. (dok. Istimewa)

, MINA – Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi kebakaran dan lahan () Provinsi Jambi menghanguskan ratusan hektare atau sekitar 229,54 hektar lahan yang terbakar per Sabtu (12/8).

Menurut data BPBD Jambi, Karhutla secara keseluruhan ada 12 peristiwa karhutla tahun ini. Terluas, karhutla terjadi di Kabupaten Batanghari yang mencapai 111,14 hektar, demikian keterangan yang diterima MINA.

Gubernur Al Haris bersama Danrem 042/Garuda Putih dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi sedang mendata dan menyelidiki lahan yang terbakar.

“Dalam pekan ini, paling luas lahan yang terbakar, ya. Lahan terbakar itu kelompok siapa, apakah milik perusahaan atau pribadi. Apakah sengaja dibakar untuk buka lahan baru atau faktor ketidaksengajaan. Saya minta pihak penegak hukum untuk mengambil langkah-langkah hukum, bilamana nanti ditemukan ada indikasi melanggar hukum,” kata Al Haris, Sabtu (12/8).

Al haris menjelaskan, sejauh ini, TNI, Polri serta pemerintah mulai tingkat daerah hingga pusat telah gencar melakukan tindakan pencegahan.

“Sudah jelas selama ini kita sudah buatkan warning dengan sebarkan baliho dan imbauan untuk tidak membakar hutan dan lahan,” ujarnya.

Terkait peristiwa karhutla sejak Januari-Agustus, Al Haris bilang masih menunggu data konkret dari Tim Satgas Penanganan Karhutla Provinsi Jambi.

“Provinsi Jambi termasuk dalam salah satu dari enam provinsi di Indonesia yang menjadi prioritas penanganan bencana kebakaran hutan lahan. Diketahui jumlah titik hotspot di wilayah Provinsi Jambi dalam 1 bulan terakhir (17 Juni hingga 17 Juli) sebanyak 490 titik,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto memimpin Rapat Koordinasi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Provinsi Jambi di Kantor Gubernur Jambi, Selasa (18/7).

Rapat tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Danrem 042 Garuda Putih Brigjen TNI Supriono, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Plt. Sekretaris Utama BNPB Rustian, perwakilan Bupati se-provinsi Jambi, Kepala Pelaksana BPBD di Wilayah Provinsi Jambi, jajaran Tenaga Ahli BNPB,  dan OPD terkait. (R/R8/R1)

Mi’raj News Agency MINA

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.