BPK-RI Gelar Kuliah Umum di Kampus Hijau UIN Raden Intan Lampung

Bandar Lampung, MINA – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) menggelar Kuliah Umum bertempat di GSG Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Kamis (5/3).

Kuliah Umum yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa dan civitas akademika tersebut bertemakan “Akuntabilitas untuk Semua”.

Auditor Utama Keuangan Negara V BPK-RI Novian Herodwijanto sebagai keynote speaker mengatakan, Kuliah Umum tersebut digelar sebagai bentuk perwujudan Visi-Misi BPK-RI dengan tujuan memeriksa pengelolaan keuangan di Perguruan Tinggi.

“Ini sangat sesuai dengan Visi-Misi BPK-RI dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang akuntabel dan transparan,” katanya.

Di antara visi BPK-RI yaitu menjadi lembaga pemeriksa keuangan negara yang kredibel dan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar untuk berperan aktif dalam mendorong terwujudnya tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan.

BPK-RI juga mempunyai misi yaitu memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri. Melaksanakan tata kelola organisasi yang berintegritas, independen, dan profesional.

Sebelumnya, Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof Moh. Mukri dalam sambutannya mengatakan, Kampus UIN yang dulunya IAIN tersebut merupakan tempat bekas sawah, rawa dan juga termasuk tempat yang kotor juga kumuh.

Tapi, saat ini Kampus UIN Raden Intan Lampung telah berevolusi menjadi kampus terhijau pertama di Pulau Sumatera.

“Tentu pengelolaannya tidak mudah, perlu manajemen keuangan yang baik, kerjasama yang baik supaya terwujud kampus yang berintegritas, intelektualitas dan Spiritualitas,” kata Rektor UIN RIL.

“Maka kami sangat bersyukur dengan digelarnya Kuliah Umum oleh BPK-RI di kampus UIN ini, besar harapan kami, semoga bisa memjadikan UIN lebih baik dari sebelumnya dalam hal pengelolaan keuangan,” harapnya.

Hadir pula sebagai narasumber, Anggota V BPK RI, Prof Bahrullah Akbar, Anggota Komisi XI DPR RI Junaidi Auly, Wakil Ketua KPK periode 2015 – 2019 Thony Saut Situmorang, dan Auditor Utama Keuangan Negara VII BPK RI Akhsanul Khak. (L/R12/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.