Demonstran pro-Palestina Desak PM Kanada Hentikan Jual Senjata ke Israel

Ottawa, MINA – Demonstran mendesak Perdana Menteri Kanada dan Partai Liberalnya untuk mendukung permanen di dan mengakhiri penjualan senjata ke .

Laporan setempat mengatakan Rabu (13/12), bahwa demonstran pro- berkumpul di luar Shaw Center Ottawa untuk memberi tahu Trudeau, suara Kanada mengenai gencatan senjata di Gaza “tidak cukup” dan Perdana Menteri perlu mengambil tindakan tegas untuk menghentikan perang Zionis Israel di Gaza.

Kanada memberikan suara mendukung resolusi tidak mengikat di pada Selasa (12/12) yang menyerukan “gencatan senjata kemanusiaan segera” antara Israel dan , sebuah tindakan yang melanggar kebijakan Kanada selama bertahun-tahun dan mengejutkan kelompok pro-Zionis.

Baca Juga:  Aksi Bela Palestina Serentak Digelar di 172 Kampus Muhammadiyah

Duta Besar Kanada untuk PBB, Bob Rae mengatakan, kepada majelis umum PBB bahwa Kanada mendukung gencatan senjata kemanusiaan, karena ini merupakan langkah penting dalam menyerukan diakhirinya penderitaan “berkelanjutan” warga sipil Palestina.

“Kami khawatir dengan berkurangnya ruang aman bagi warga sipil di Gaza,” katanya, Ia mencatat dukungan Kanada terhadap kegagalan amandemen usulan tersebut.

“Krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung sangat membebani keputusan Kanada untuk mendukung resolusi ini.”

Pemungutan suara di Majelis Umum PBB menandakan sedikit perubahan dalam posisi lama Kanada yang memihak rezim Israel ketika negara itu melakukan kekejaman brutal terhadap warga Palestina yang tidak berdaya.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza mengatakan lebih dari 18.205 warga Palestina telah terbunuh, kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak, sementara hampir 50.000 lainnya terluka oleh pasukan Zionis sejak 7 Oktober. (T/R4/P2)

Baca Juga:  Belgia Dukung Tawaran Keanggotaan Palestina di PBB

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.