DK PBB Gagal Adopsi Rancangan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza

New York, MINA – Dewan Keamanan PBB gagal mengadopsi rancangan resolusi Rusia yang menyerukan kemanusiaan di Jalur Gaza. Quds Press melaporkan, Selasa (17/10).

Rancangan resolusi Rusia mendapat 5 suara mendukung, sementara 4 negara memberikan suara menentang resolusi tersebut, dan 6 negara lainnya abstain dalam pemungutan suara.

Rusia, Tiongkok, UEA, Gabon, dan Mozambik mendukung resolusi tersebut. Sementara Amerika Serikat, Inggris, Prancis, dan Jepang memberikan suara menentang.

Brazil, Swiss, Albania, Malta, Ekuador dan Ghana abstain dalam pemungutan suara.

Untuk dapat diadopsi, rancangan resolusi tersebut perlu mendapatkan persetujuan mayoritas yang diperlukan yaitu 9 suara dari 15 negara anggota di .

Resolusi Rusia menyatakan, “Dewan Keamanan PBB menyerukan gencatan senjata kemanusiaan segera yang berkelanjutan dan dihormati sepenuhnya.”

Baca Juga:  Bangladesh, Gambia Harap Penyelesaian Cepat Kasus Genosida Rohingya di Myanmar

Pada hari Jumat, Rusia mengusulkan rancangan resolusi yang menyerukan pembebasan sandera, kedatangan bantuan kemanusiaan, dan evakuasi warga sipil yang aman.

Teks rancangan resolusi tersebut juga mengutuk kekerasan terhadap warga sipil dan semua tindakan teroris.

Selama sebelas hari berturut-turut, pesawat Israel mengintensifkan pemboman mereka di Jalur Gaza, menargetkan bangunan tempat tinggal dan fasilitas umum, mengakibatkan ribuan warga sipil menjadi syuhada dan eksodus massal, selain memutus pasokan air, listrik, makanan, dan fasilitas dasar lainnya di Jalur Gaza. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.