Farooq Abdullah: Perdamaian di Kashmir Mustahil Tanpa Pakistan

New Delhi, MINA – Mantan Ketua Menteri Negara Bagian , , pada Jumat (20/7) mengatakan, perdamaian di negara bagian tersebut tidak mungkin terwujud tanpa melibatkan Pakistan.

Ia meminta Pemerintah India yang berkuasa dari Partai Bharatiya Janata (BJP), untuk melepaskan pendiriannya yang kaku dan bersikap fleksibel dalam menyelesaikan masalah di Negara Bagian Jammu dan Kashmir.

“Anda mungkin tidak menyukai apa yang akan saya katakan. Kita tidak akan mendapat perdamaian di Jammu dan Kashmir kecuali kita melakukan kesepakatan dengan Pakistan,” kata Abdullah dalam pidatonya di Lok Sabha (Dewan Rakyat), majelis rendah di Parlemen India, demikian Greater Kashmir melaporkan.

Dia mengatakan, dia memiliki harapan besar pada Perdana Menteri Narendra Modi bahwa dia akan membangun perdamaian dengan Pakistan yang tidak bisa dilakukan oleh Atal Bihari Vajpayee, Perdana Menteri India sebelumnya.

“Korea Utara, yang membuat rudal nuklir, bom atom, telah berdamai dengan Presiden AS Donald Trump.  Trump dan (Presiden Rusia Vladimir) Putin saling bertemu untuk menemukan perdamaian. Tetapi kita telah gagal melakukan hal yang sama untuk Jammu dan Kashmir,” tegasnya.

Dalam pidatonya yang pendek namun berapi-api, pemimpin Konferensi Nasional itu mengatakan, retorika anti-Muslim yang dibangun di negara itu perlu dihentikan karena berbahaya.

“Kita tidak akan dikalahkan oleh Amerika, Rusia atau negara lain. Kita akan dikalahkan oleh diri kita sendiri. Kita tidak akan berhasil kecuali umat Hindu dan Muslim bersatu,” katanya.

Abdullah meminta BJP untuk mencatat fakta bahwa “Muslim adalah orang India seperti Anda.” (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.