FGD AWG dan BKSAP DPR RI Hasilkan Lima Poin Rekomendasi

Sejumlah NGO berpartsipasi dalam FGD yang digelar oleh AWG dan BKSAP DPR-RI. (Foto: BSP)

Jakarta, MINA – Focus Group Discussion (FGD) 2023 yang digelar pada 1 November 2023 oleh dan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta dengan tema “Bergerak, Berjamaah, Tolak Pembagian Masjid Al Aqsa” menghasilkan lima poin rekomendasi.

Pertama, menyatukan langkah menolak segala bentuk penodaan dan rencana Zionis Israel untuk membagi Masjid Al Aqsa dan menghilangkan hak umat Islam di situs suci tersebut.

Kedua, Pemerintah Indonesia untuk terus mengawal terealisasinya Resolusi Genjatan Senjata Kemanusiaan Gaza PBB, demi terwujudnya perdamaian di Palestina, serta mengawal percepatan pembukaan koridor kemanusiaan ke Jalur Gaza, mengingat situasi krisis yang semakin parah.

Ketiga, menyuarakan perlindungan kepada anak-anak dan perempuan Palestina, sebagai korban terbesar dalam agresi Israel, dengan membuat program-program bantuan yang dikhususkan bagi mereka.

Keempat, menegaskan narasi ke masyarakat baik nasional maupun global bahwa konflik di Palestina itu bukan hanya Islam kontra Yahudi, tapi ‘masyarakat terjajah’ kontra ‘penjajah’. Bahwa Hamas bukan ‘teroris’ tapi ‘pejuang’, yang ingin mengembalikan hak-haknya yang dirampas.

Kelima, pemerintah Indonesia memberikan perlindungan kepada para pengungsi Palestina di Indonesia dan memperhatikan nasib mereka baik dalam Pendidikan maupun Kesehatan.

Lembaga kepalestinaan Aqsa Working Group (AWG) bersama dengan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI hari Rabu (1/11) menggelar pembukaan Bulan Solidaritas Palestina (BSP) 2023 dan Focus Group Discussion (FGD) di Gedung DPR Jakarta.

BSP 2023 resmi dibuka oleh Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon. Agenda tahunan ini akan berlangsung selama bulan November dengan berbagai kegiatan yang ditujukan untuk solidaritas kepada Palestina.

FGD tersebut menghadirkan lima narasumber yaitu Ketua Presidium AWG Nur Ikhwan Abadi; Ketua Maemuna Center Onny Firyanti Hamidi, Ketua Presidium MER-C dr. Sarbini Abdul Murad, Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) untuk Palestina DPR RI Syahrul Aidi Mazaat dan Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim.

Direktur Timur Tengah Kemenlu RI, Bagus Hendraning Kobarsyih turut berpartisipasi dalam FGD yang diiikuti perwakilan NGO-BGO kemanusiaan dan kepalestinaan itu dengan mengirimkan video singkat yang berisi pembahasan soal Palestina.(L/R7/R1)

 

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.