Film “Bunda: Cinta 2 Kodi” Terinspirasi Kisah Sukses Pengusaha Muslimah

Salah satu adegan yang ditayangkan dalam  Film “Bunda: Cinta 2 Kodi”.(Foto: layar.id)

Jakarta, MINA – Film “Bunda: Cinta 2 Kodi” yang diproduksi oleh Inspira Pictures akhirnya siap tayang di layar bioskop di seluruh Indonesia mulai 8 Februari 2018.

Film karya Ali Eunoia dan Bobby Prasetyo ini terinspirasi dari kisah nyata, perjalanan hidup seorang muslimah tangguh dalam membangun usaha dan keluarga, yang diangkat dari novel karya penulis terkenal,  Asma Nadia, berjudul “Cinta Dua Kodi.”

Produser Inspira Pictures Rendy Saputra menilai Tika Kartika sebagai sosok yang menginspirasi. Bukan hanya karena sosok Tika Kartika adalah seorang pengusaha sukses, tapi karena ia merupakan sosok perempuan yang sangat menarik untuk dilihat di masa kini.

“Kisah perempuan tangguh ini sangat menginspirasi kami untuk diangkat ke layar lebar. Berdasarkan pengalaman hidup saya mengenal sosok Bunda Tika yang merupakan ibu angkat saya. Saya melihat sosok ini punya potensi untuk diteladani semangatnya, spiritnya, ketekunannya, cara kerjanya serta ketegasannya,” ujarnya saat temu media di Jakarta, Kamis (25/1).

Rendy mengungkapkan, salah satu hal yang menarik perhatiannya untuk mengangkat sosok Bunda Tika ke layar lebar adalah bagaimana Tika Kartika menyikapi berbagai masalah dan memberdayakan orang-orang di sekitar.

Aktivis sosial itu mengatakan, di tengah menjamurnya tema cinta yang banyak diangkat ke layar lebar, Inspira Pictures justru ingin mengangkat tema enterpreneurship yang digabungkan dengan tema muslimah yang saat ini sangat relevan di kalangan para wanita muda muslimah.

“Film ini dikemas menjadi sebuah film memiliki jalinan tentang bisnis yang justru dekat dengan masyarakat luas, khususnya dengan kaum perempuan. Menjadi gambaran bahwa ternyata tidak mudah untuk menjadi seorang pengusaha – apalagi pengusaha muslimah, di mana seorang wanita harus berdamai dengan aktivitasnya berikut rumah tangganya,” ujar Rendy.

Buat Ali dan Bobby sendiri, awal ditawarkan menyutradarai film merupakan tantangan yang menarik.

Ali mengungkapkan, cerita film “Bunda: Cinta 2 Kodi” ini selain memberikan hiburan tetapi juga memberikan asupan pesan tentang bagaimana mengatur komunikasi dengan keluarga.

“Yang akan dirasakan setelah menonton kita akan menjadi lebih hangat kepada keluarga,” ucapnya.

Sementara Bobby mengharapkan penonton tidak hanya menyukai film ini dan terhibur dengan lantunan alur ceritanya, namun juga mendapatkan impresi atau tergerak secara emosional ketika menangkap pesan dari film ini.
“Terutama para lbu pekerja yang mungkin menghadapi masalah yang sama, film ini saya pikir sangat layak untuk ditonton bersama keluarga,” ujar Bobby.

Sesuai dengan targetnya, yaitu perempuan muda serta pengusaha muslimah, Film “Bunda: Cinta 2 Kodi” pun tak lepas menggandeng sederet aktor muda Indonesia, seperti Acha Septriasa, Ario Bayu,Wulan Guritno, Sheila Dara, Arina Mindhisa, Shaquilla Nugraha, Mumu Gomez, Tri Yudiman, Inggrid Widjanarko, Budi Dalton, dan lainnya.

Film “CINTA DUA KODI” bercerita tentang perjuangan seorang perempuan bernama Tika (Acha Septriasa) yang berjuang keras menyelamatkan kehidupan keluarga dan rumah tangganya demi sebuah harapan, impian dan cintanya kepada suami dan anak-anaknya.

Keberanian untuk memulai sebuah bisnis baju muslim anak – sesuatu yang belum ia pahami sama sekali. Juga keberanian menerima kenyataan pahit bahwa suami yang selama ini menjadi teladan dan tulang punggung keluarga memutuskan menjadi ayah rumah tangga dan mengikuti permintaan terakhir sang ibu untuk menikah lagi dengan wanita pilihan ibunya.

Namun karena kegigihan serta telaten, usahanya tersebut menjadi populer dan mempunyai brand busana muslim bernama ‘Keke’ yang terkenal serta dikenal oleh masyarakat. Tika yang mempunyai banyak ketegaran dalam mengembangkan usaha dan menjalani hidup diharapkan bisa menjadi contoh bagi banyak wanita untuk bekerja keras dengan semangat.(L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)