Forum Rakyat Palestina di Inggris Serukan Dukungan Global

London, MINA – Forum Rakyat di Inggris pada Jumat (17/4) meminta lembaga-lembaga internasional dan organisasi-organisasi hak asasi manusia untuk menekan Israel agar membebaskan ribuan sehubungan dengan pecahnya virus corona.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan untuk memperingati Hari Tahanan Palestina tanggal 17/4, forum itu juga mendesak lembaga-lembaga hak asasi manusia dan kemanusiaan untuk membantu pembebasan para tahanan Palestina yang dianiaya dan ditindas di penjara-penjara di negara-negara Arab dan negara-negara lainnya, Palinfo melaporkan.

“Kami memperingati Hari Tahanan tahun ini sementara lebih dari 5.700 pria dan wanita Palestina dikurung di balik jeruji penjara.. Di antara mereka ada 700 pasien Corona, beberapa di antaranya menderita penyakit yang mengancam jiwa, sedangkan negara-negara di dunia berlomba untuk membebaskan para tahanan karena takut akan penyebaran virus corona,” demikian pernyataan itu.

Forum tersebut menyerukan kepada orang-orang merdeka di dunia, orang-orang dari negara-negara Arab dan Muslim untuk mendukung para tahanan dan keluarga mereka serta menunjukkan solidaritas dengan mereka dengan segala cara, termasuk kampanye melalui media untuk menjaga semangat juang mereka.

Forum Rakyat Palestina yang berpusat di Inggris itu juga mengungkapkan rasa bangga dan hormat kepada para tahanan yang telah mengorbankan diri di balik jeruji besi demi kebebasan rakyat dan tanah air Palestina.

“Israel menahan para tahanan Palestina dalam kondisi yang tidak manusiawi dan tidak sehat, penyebaran pandemi ini mengancam kehidupan mereka,” demikian dinyatakan.

Hari Tahanan Palestina ditetapkan oleh Dewan Nasional Palestina pada tanggal 17 April, yang diperingati setiap tahun untuk menghormati pengorbanan para tahanan Palestina di penjara-penjara Israel. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.