FREEDOM FLOTILLA II BERLAYAR MEI 2015

MAVI MARMARA
MAVI MARMARA
Kapal dalam misi “Freedom Flotilla I” Mei 2010. (Foto: Arsip)

Athena, 15 Shafar 1436/8 Desember 2014 (MINA) – Kampanye Eropa untuk diakhirinya blokade mengumumkan rencana untuk mengirimkan “Freedom Flotilla II” pada Mei 2015 untuk menandai peringatan ke-5 serangan mematikan pada 2010 lalu.

Ketua Kampanye, Mazen Kahil mengumumkan keputusan dalam pertemuan yang diadakan Sabtu kemarin, “Freedom Flotilla II” dijadwalkan mulai berlayar ke Gaza pada pekan terakhir Mei tahun mendatang dari Turki dengan keikutsertaan masyarakat internasional yang lebih luas lagi.

Kahil mengatakan sebagaimana dikutip SAFA News Agency dan Mi’raj Islamic News Agency (MINA), armada multinasional diproyeksikan datang sebagai reaksi terhadap upaya Israel dan Mesir untuk mengencangkan blokade terhadap warga Gaza, menambahkan bahwa peta jalan itu dirancang untuk mengakhiri penderitaan penduduk Gaza.

Sementara itu, Organisasi Bantuan Kemanusiaan Turki () mengatakan, para aktivis dari 100 negara akan berpartisipasi dalam armada yang direncanakan.

Ketua IHH Bulent Yildrim mengatakan armada “Freedom Flotilla II” akan kembali melaksanakan misi mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza yang terkepung.

Yildrim menyatakan, organisasinya telah memulai prosedur dan dokumen yang diperlukan untuk mendapatkan izin perjalanan.(T/R05/R03)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0