Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Guru Palestina Mengajar di Tengah Reruntuhan Rumahnya

sri astuti Editor : Rana Setiawan - Senin, 9 September 2024 - 23:15 WIB

Senin, 9 September 2024 - 23:15 WIB

19 Views

Ilustrasi saat Para siswa Gaza belajar di sekolah tenda, (Foto: Anadolu Agency)

Gaza, MINA – Guru Palestina, Esra Ebu Mustafa, mengajar anak-anak di “sekolah tenda” darurat yang didirikan di atas reruntuhan rumahnya yang hancur oleh serangan udara Israel, di Khan Yunis, Jalur Gaza Selatan.

Guru sukarelawan menunjukkan sekolah lebih dari sekadar dinding. Meskipun pemboman dan blokade yang intens, segelintir guru sukarelawan di Gaza berusaha keras untuk menghubungkan anak-anak dengan pendidikan. Esra Ebu Mustafa adalah salah satu guru tersebut.

Ia mendirikan sekolah tenda di atas reruntuhan rumahnya yang hancur di Khan Yunis, mengajar anak-anak dari prasekolah hingga kelas enam.

“Saya mendirikan tenda pendidikan di atas reruntuhan rumah saya, yang dihancurkan oleh penjajah,” kata Esra kepada Anadolu.

Baca Juga: Jelang Musim Dingin 74% Tenda Pengungsi di Gaza Tak Layak Pakai

Dia mengungkap kesulitan dalam menemukan materi yang diperlukan, menambahkan bahwa mereka masih berjuang untuk mengajar anak-anak dan menghubungkan mereka kembali dengan pendidikan mereka yang terganggu oleh perang.

Menyoroti minat yang signifikan terhadap sekolah tenda mereka, Esra menegaskan bahwa keluarga sangat khawatir tentang masa depan anak-anak mereka setelah setahun tidak bersekolah.

“Kami mencoba mengajar sesuai dengan kurikulum pendidikan Palestina dan memberikan dukungan psikologis melalui kegiatan yang menyenangkan. Anak-anak di Jalur Gaza hidup dalam kondisi yang sulit dan tragis, dan kami berupaya meringankan penderitaan mereka melalui pelajaran dan kegiatan yang menyenangkan,” tuturnya.

Sejak 7 Oktober 2023, Israel terus melancarkan serangan darat, udara, dan laut ke Jalur Gaza, yang telah diblokade sejak 2006.

Baca Juga: Pemukim Ilegal Israel Racuni Ternak Warga Palestina di Tepi Barat

Serangan tersebut telah mengakibatkan kematian sedikitnya 40.972 warga Palestina, termasuk 16.715 anak-anak dan 11.308 wanita, dengan 94.761 orang terluka.

Ribuan orang masih terkubur di bawah reruntuhan, sementara infrastruktur sipil, termasuk rumah sakit dan lembaga pendidikan, telah menjadi sasaran.

Menurut pernyataan dari Kantor Media Gaza pada tanggal 26 Agustus, serangan yang sedang berlangsung telah menghancurkan 122 sekolah dan universitas, dan merusak sebagian 334 sekolah.

Badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) melaporkan bahwa 200 sekolah telah ditutup sejak serangan dimulai.

Baca Juga: Rudal Balistik Yaman Mendarat Jauh di Pusat Israel

“Lebih dari 600.000 anak di sana mengalami trauma berat, tinggal di reruntuhan. Mereka terus kehilangan kesempatan belajar dan bersekolah,” kata Komisaris Jenderal UNRWA, Philippe Lazzarini, pada awal September.

“Semakin lama anak-anak tidak bersekolah, semakin tinggi risiko generasi yang hilang, yang memicu kebencian dan ekstremisme,” tambahnya.[]

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Paramedis Palestina Gugur di Penjara Israel

 

 

Baca Juga: Rudal Houthi Tembus ke Ibu Kota Israel Tel Aviv

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Palestina
Palestina
Palestina
Palestina
MINA Preneur
Palestina
Internasional