Hamas Serang Tel Aviv, Pertama Kali dalam Sebulan

Roket pejuang Palestina ditembakkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel, Jumat malam, 13 Oktober 2023. (Foto: Brigade Al-Qassam/Telegram)

Tel Aviv, MINA – Kelompok , , mengatakan bahwa mereka menembakkan roket ke Tel Aviv di tengah, untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan, Senin (29/1).

Sayap bersenjata kelompok itu, Brigade Al-Qassam, mengatakan, tembakan roket itu “sebagai respons terhadap pembantaian Israel terhadap warga sipil.” Anadolu Agency melaporkan.

Channel 12 Israel melaporkan setidaknya 12 roket diluncurkan ke arah Tel Aviv. Sirene peringatan roket berbunyi di Israel tengah untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan. Menurut media tersebut, roket dicegat di langit oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome.

Israel telah menggempur Jalur sejak serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober, yang menurut Tel Aviv menewaskan hampir 1.200 orang.

Baca Juga:  Israel Buka Kembali Penyeberangan Erez ke Gaza

Namun, Haaretz mengungkap bahwa helikopter dan tank tentara Israel, pada kenyataannya, justru yang telah membunuh banyak dari 1.139 tentara dan warga sipil yang diklaim oleh Israel dibunuh oleh Perlawanan Palestina.

Meskipun ada keputusan sementara pada hari Jumat oleh Mahkamah Internasional (ICJ) yang memerintahkan Tel Aviv mencegah tindakan , Israel terus melakukan serangan gencar terhadap wilayah kantong pantai tersebut di mana setidaknya 26.637 warga Palestina telah terbunuh, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan 65.387 orang. terluka sejak 7 Oktober, menurut otoritas kesehatan Palestina.

Sekitar 85 persen telah mengungsi akibat serangan Israel, sementara semuanya mengalami kerawanan pangan, menurut PBB. Ratusan ribu orang hidup tanpa tempat berlindung, dan kurang dari separuh truk bantuan memasuki wilayah tersebut sebelum konflik dimulai. (T/R7/RI-1)

Baca Juga:  Abaikan Blinken, Hamas Pelajari Proposal Gencatan Senjata Israel

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.