HILLARY CLINTON UMUMKAN PENCALONANNYA DALAM PEMILIHAN PRESIDEN AS

Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Seerikat, Hillary Clinton, resmi mencalonkan diri dalam pemilihan presiden. (Foto: AA)
Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Seerikat, Hillary Clinton, resmi mencalonkan diri dalam pemilihan presiden. (Foto: AA)

New York, 24 Jumadil Akhir 1436/13 April 2015 (MINA) – Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton, Ahad,  secara resmi menyatakan pencalonannya dalam pemilihan presiden tahun 2016 mendatang.

“Saya mencalonkan diri sebagai presiden,” katanya di akhir pesan video yang diposting di website kampanye barunya, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Istri mantan Presiden Bill Clinton itu sebelumnya pernah mencalonkan diri sebagai nominasi dari Partai Demokrat pada 2008, tetapi kalah dari Barack Obama, yang kemudian terpilih sebagai Presiden.

“Setiap hari rakyat Amerika membutuhkan juara. Saya ingin menjadi juara,” katanya dalam video dua menit yang berjudul Getting Ready. “Jadi saya akan menempuh jalan untuk mendapatkan suara Anda. Dan saya harap Anda akan bergabung dengan saya dalam perjalanan ini.”

Dia dianggap sebagai calon terkuat dari Partai Demokrat untuk pemilihan presiden 2016.

Bila ia memenangkan Gedung Putih akan membuatnya menjadi presiden wanita AS pertama dalam sejarah.

Pengumuman publik itu muncul satu menit setelah pesan e-mail yang menyatakan pencalonannya  dikirim kepada lembaga-lembaga  donor, pendukung dan pejabat terpilih, New York Times melaporkan.

Dalam e-mail, John D. Podesta, Ketua Tim Kampanye Clinton, mengatakan dia akan segera bertemu dengan para pemilih di negara bagian Iowa dan mengadakan acara pengumuman resmi pencalonan Clinton pada Mei, lapor harian itu.

Presiden Barack Obama mengatakan Clinton akan menjadi “Presiden yang sangat baik”.

“Dia adalah seorang kandidat yang tangguh pada 2008. Dia adalah pendukung besar saya dalam pemilihan umum,” kata Obama kepada wartawan di Panama, Sabtu (11/4).

“Dia adalah seorang Menteri Luar Negeri yang luar biasa negara ini. Dia adalah sahabat saya. Saya pikir dia akan menjadi presiden yang sangat baik.” kata Obama tentang Clinton yang jadi Menteri Luar Negeri-nya pada masa jabatan pertamanya sebagai Presiden.

Dua orang dari Partai Republik, Ted Cruz dan Rand Paul, secara resmi juga telah mengumumkan pencalonan mereka.

Clinton menjabat aktif secara politik selama 1993-2001 sebagai staf suaminya, Bill Clinton. Dia menjabat Menteri Luar Negeri dalam pemerintahan Obama 2009-2013. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://aa.com.tr/en/headline/492628–hillary-clinton-announces-us-presidential-bid

Comments: 0