HOTEL SOFYAN BETAWI MASUK NOMINASI HOTEL SYARIAH TERBAIK DI DUNIA

Hotel Sofyan Betawi masuk nominasi hotel syariah terbaik di dunia (Foto: Majalah Word Halal Travel)
Betawi masuk nominasi terbaik di dunia (Foto: Majalah Word Halal Travel)

Jakarta, 1 Dzulhijjah 1436/15 September 2015 (MINA) –  Hotel Sofyan Betawi yang berada di Cut Mutiah, Menteng Jakarta Pusat masuk nominasi hotel syariah terbaik di dunia yang di ajang The World Halal Travel Awards 2015 pada tanggal 20 Oktober 2015 di Emirates Palace, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Penghargaan tahunan ini merupakan ajang bergengsi dan eksklusif  yang mewakili sektor yang paling cepat berkembang dari pariwisata global, yakni halal travel & tourism. Penghargaan ini diberikan untuk praktik layanan perjalanan dan pariwisata terbaik pada skala internasional.

Dalam The World Halal Travel Awards 2015 terdapat 15 kategori yang diperebutkan yakni:

  1. World’s Best Airline for Halal Travellers
  2. World’s Best Airport for Halal Travellers
  3. World’s Best Family Friendly Hotel
  4. World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel
  5. World’s Best Halal Apartment Hotel
  6. World’s Best Family Friendly Beach Resort
  7. World’s Best Halal Tour Operator
  8. World’s Best Halal Travel Website or App
  9. World’s Best Halal Cruise Company
  10. World’s Best Halal Honeymoon Destination
  11. World’s Best Hajj & Umrah Operator
  12. World’s Best Hajj & Umrah Hotel
  13. World’s Best Halal Tourism Destination
  14. World’s Best Halal Culinary Destination
  15. World’s Best Halal Cultural Destination

pemilik yang juga Komisaris Utama Hotel Sofyan, Riyanto Sofyan mengatakan, penerapan syariah dalam bisnis perhotelan justeru menguntungkan, terlebih kini segmen syariah kian digandrungi dan telah menjadi gaya hidup umat muslim.

“Angka penjualan meningkat dan tingkat okupansi rata-rata mencapai 70-80 persen,” kata Riyanto Sofyan  yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Hotel dan Restauran Syariah Indonesia (AHSIN), kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Hotel Sofyan, Menteng, Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Sejak tahun 1992, ia memutuskan mengelola hotelnya dengan konsep baru yaitu menjadikan Sofyan Hotel sebagai hotel syariah. Keputusan itu diambila karena ingin menjadikan bisnisnya menjadi lebih berkah dunia dan selamat di akherat.

“Setelah itu, di hotel Sufyan tidak ada bar lagi, dan saat itu penjualan justru naik 19 persen, penututupan diskotik, penjualan juga malah naik 13 persen.” kata Riyanto.

Dikatakan, dengan pengembangan hotel syariah ini pihaknya mampu mengembangkan bisnisnya hingga memiliki total 17 hotel syariah di Indonesia. Delapan hotel sudah beroperasi sementara 7 hotel masih akan digarap yang diperkirakan akan selesai dalam lima tahun mendatang.

Pada dasarnya hotel syariah dan konvensional adalah sama-sama sebuah bisnis yang bergerak di bidang properti yang menyediakan tempat menginap sementara. Perbedaannya adalah terletak pada cara penyajian dan berbagai layanan yang diberikan.

Hotel konvensional semuanya serba bebas, baik makanan, minuman, dan hiburan. Semenetara hotel syariah pelayanannya mengacu pada ajaran Islam. Makanan, minuman, dan restoran harus bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Bahkan, ada seleksi tamu dalam pelayanan hotel syariah ini.

“Produk yang syariah itu bagus untuk semua, baik untuk muslim dan non muslim. Seperti dari makanan, muslim kebutuhan utama makanan halal dan semuanya halal, untuk tahu halal harus ada sertifikasi, ini semuanya sudah harus dapat sertifikat MUI,” terang Riyanto.

Bukan hanya makanan dan minuman halal, setiap rest room atau kamar kecil harus menyediakan air yang cukup untuk bersuci, baik untuk buang air kecil maupun besar bahkan mandi. Hal ini kadang jarang didapatkan di hotel konvensional.

“Kemudahan bersuci harus ada termasuk toilet, shower, juga ketersediaan air bilas, tidak hanya tissu. Kebanyakan hotel tidak menyediakan itu sehingga tidak ramah buat muslim. Untuk beribadah selain ada mushola yang luas,, di tiap kamar juga ada arah kiblat, sajadah serta Al-Quran,” kata Riyanto.

Pada kategori World’s Best Family Friendly Hotel (Hotel  Syariah terbaik Dunia), Hotel Sofyan Betawi akan bersaing dengan beberapa hotel lain di dunia seperti Adenya Hotel & Resort, Turkey; Alanda Hotel, Marbella; Angel’s Peninsula, Turkey; Armed Forces Officers Club & Hotel, Abu Dhabi, United Arab Emirates; Gloria Hotel, Dubai United Arab Emirates; Jannah Burj Al Sarab, Abu Dhabi, United Arab Emirates; Landmark Hotels & Suites, Dubai, United Arab Emirates; PNB Perdana Hotel & Suites On The Park, Kuala Lumpur, Malaysia; Ramada Downtown, Dubai, United Arab Emirates; Royal Rose Hotel by City Seasons, Abu Dhabi, United Arab Emirates; Tamani Marina, Dubai, United Arab Emirates.

Untuk mendukung Hotel Sofyan Betawi di ajang penghargaan bergengsi tersebut, dapat dilakukan memulai voting melalui link berikut: http://svy.mk/1i7XN2u. (T/P010/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0