IAEA: Ukraina Tak Simpan Senjata di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia. Foto: Anadolu Agency

Brussels, MINA – Badan Energi Atom Internasional (IAEA) menolak klaim Rusia bahwa Ukraina menyimpan senjata di pembangkit listrik tenaga nuklir Ukraina.

Direktur Jenderal IAEA Rafael Grossi, dalam pidatonya pada Selasa (24/1), kepada para deputi di sesi Komite Urusan Luar Negeri Parlemen Eropa, menyampaikan hasil tinjauan terkait klaim Rusia tersebut, demikian Anadolu Agency melaporkan.

“Pagi ini, saya bekerja sama dengan manajemen Ukraina menginstruksikan tim saya untuk membahas tinjauan menyeluruh, memastikan apakah sebenarnya ada peralatan militer yang disimpan. ditempatkan atau dipindahkan ke sana. Dan tentu saja, hasil inspeksi tersebut negatif,” katanya.

Ia menyampaikan kekhawatiran tentang situasi keamanan di sekitar pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, yang saat ini berada di bawah kendali Rusia, karena pertempuran yang sedang berlangsung di daerah tersebut.

Terhadap latar belakang ini, Grossi mengatakan IAEA merupakan satu-satunya lembaga yang dapat mencegah kecelakaan nuklir di pabrik tersebut dan meminta Parlemen Eropa untuk memberikan dukungan politik kepada badan tersebut. (T/cha/RS3).

Mi’raj News Agency (MINA)