Indonesia Juara Umum The ASEAN Armies Rifle Meet ke-31 di Bangkok

Indonesia Juara Umum The ASEAN Armies Rifle Meet ke-31 di Bangkok (foto: Kemlu RI)

Bangkok, MINA – menjadi juara umum di ajang The ASEAN Armies Rifle Meet () ke-31 yang diselenggarakan di Bangkok pada 16-25 November 20223.

Indonesia mengamankan 4 trofi, 10 medali emas, 9 medali perak dan 10 medali perunggu pada ajang tahunan tersebut.

Kompetisi diikuti oleh 200 petembak dari 10 negara di Asia Tenggara yaitu Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Adapun cabang yang dipertandingkan yaitu Senapan, Karaben, Senapan Otomatis, Pistol Putera dan Pistol Puteri.

Selain itu, cabang Pistol Putri juga menorehkan prestasi membanggakan dengan perolehan 1 emas dan 1 perak. Pada cabang Senapan, Indonesia menambah pundi medali yaitu 1 emas dan 1 perunggu.

Dengan hasil tersebut, Indonesia mengukuhkan diri sebagai juara umum dengan menggeser Vietnam sebagai juara bertahan pada kompetisi tahun lalu.

Sementara itu, Vietnam mengejar dengan ketat di posisi ke-2 dengan 1 trofi, 10 emas, 7 perak dan 7 perunggu. Kemudian disusul oleh Filipina di posisi ke-3 dengan 1 trofi, 10 emas, 6 perak dan 7 perunggu. Menyusul Filipina secara berurutan yaitu Myanmar, Laos, tuan rumah Thailand, Brunei, Kamboja, Malaysia, dan Singapura. Hasil tersebut diperoleh setelah seluruh cabang selesai dipertandingkan pada 24 November 2023.

​AARM merupakan ajang kompetisi tembak Angkatan Darat antar negara-negara ASEAN yang diselenggarakan secara tahunan. Pada AARM ke-31 ini, Indonesia menerjunkan 45 orang peserta yang merupakan prajurit TNI Angkatan Darat terbaiknya dan 2 orang pendukung dari PT. Pindad.

Secara keseluruhan, Indonesia telah membuktikan diri sebagai hegemoni di antara negara-negara ASEAN dengan menjadi juara umum sebanyak 14 kali dari total 31 gelaran AARM yang telah dilaksanakan sejak tahun 1991.

Kemenangan Indonesia pada AARM ke-31 ini sekaligus mengukir sejarah baru dan mematahkan mitos bahwa Indonesia tidak pernah menang jika AARM digelar di Thailand. Sebelumnya, Indonesia belum pernah penyandang Predikat Juara pada empat kali gelaran AARM saat Thailand menjadi tuan rumah, yaitu pada 1993, 2001, 2007 dan 2015. (R/RE1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.