Indonesia Sharia Economic Festival 2023 Siap Digelar Oktober ini

Konferensi pers jelang gelaran Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-10. (Foto: Abdullah/MINA)

Jakarta, MINA – Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-10 akan kembali digelar pada 25-29 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) dengan mengusung tema “Accelerating Sharia Economy and Finance Through Digitalization For Inclusive and Sustainable Growth”.

Gelaran akan menempati area seluas 10.000 m², yang dimeriahkan 62 rangkaian agenda seminar, talkshow, dan berbagai event lain yang melibatkan 22 kementerian/lembaga, 37 asosiasi, 1.003 pelaku industri dan 46 mitra internasional. ISEF tahun ini juga menghadirkan sebanyak 793 exhibitor dari Indonesia serta 20 negara sahabat.

Dalam rangka meningkatkan inklusivitas, ISEF 2023 menggelar ISEF Fun Walk, Tablig Akbar, rangkaian talkshow bersama pakar dan praktisi yang dapat diikuti masyarakat secara terbuka, serta berbagai event lain yang berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait.

ISEF yang diinisiasi oleh sejak 2014 menargetkan setidaknya 40.000 pengunjung, termasuk buyers dan investor dari dalam negeri dan manca negara.

Wahyu Purnama, Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia dalam konferensi pers yang digelar hari Selasa (26/9) di Jakarta mengatakan, sebagai salah satu lembaga negara yang konsisten mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, Bank Indonesia senantiasa berupaya memperluas jaringan dengan berbagai pihak untuk memperkuat ekosistem halal value chain.

Salah satunya dengan PT Halal Expo Indonesia (HEI) yang bermitra strategis dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) akan memfasilitasi program business matching selama ISEF berlangsung.

“Komitmen dan kolaborasi yang selama ini konsisten dilakukan oleh Bank Indonesia dalam memperkuat ekosistem ekonomi dan keuangan syariah bersama dengan sejumlah stakeholder terkait, menunjukkan hasil progresif yang semakin meneguhkan posisi Indonesia sebagai pusat industri halal yang diperhitungkan di dunia,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, CFO PT Halal Expo Indonesia, Aryo Wibisono mengapresiasi komitmen Bank Indonesia yang konsisten dalam mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air.

Melalui event HEI di ISEF 2023, Aryo mengatakan, para pelaku usaha akan difasilitasi untuk bisa mengekspor produknya ke sejumlah negara yang saat ini menjadi mitra kerja sama, terutama sejumlah negara di Timur Tengah, Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan negara lainnya. (L/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.